Ayu Azhari Fokus Perkenalkan Budaya Indonesia ke Luar Negeri

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 12 33 2115990 ayu-azhari-fokus-perkenalkan-budaya-indonesia-ke-luar-negeri-Ebk6k2Asa0.jpg Ayu Azhari. (Foto: Okezone/Ady Prawira Riandi)

JAKARTA - Aktris Ayu Azhari memang terbilang jarang muncul, baik di televisi ataupun layar lebar nasional. Saat ini, dia mengaku, lebih aktif memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri. Beberapa kali, dia bertandang ke negara-negara Eropa, seperti Belanda, Swedia, hingga Inggris.

Ayu Azhari menjelaskan, hal itu dilakukannya karena dia memiliki perhatian yang sangat besar kepada warisan budaya nasional. "Sekarang, aku aktivis sosial budaya dan aktif dalam diplomasi gastronomi yang terkait dengan banyak hal," ujarnya saat ditemui di Jakarta Barat, pada 11 Oktober 2019.

Ayu Azhari menilai, produk kerajinan budaya nasional bisa bersaing di pasar internasional. (Foto: Instagram/@ayukhadijahazhari)

Dalam beberapa kesempatan, dia melihat, hasil kerajinan budaya Indonesia berpotensi dijual di luar negeri. Beberapa pengunjung festival yang kerap didatangi Ayu selalu bertanya tentang kain tenun, batik, hingga kebaya yang dikenakannya.

"Menurut saya, budaya yang kita miliki ini adalah aset yang unik dan tidak dimiliki negara lain. Setiap kali saya pakai kebaya, banyak orang asing yang terkagum-kagum," ujar aktris 51 tahun tersebut.

Baca juga: Belajar Sejarah, Ayu Azhari Rajin Ajak Anak Kunjungi Museum

Berdasarkan pengalamannya tersebut, Ayu Azhari yakin bahwa pemerintah bisa membawa barang-barang budaya nasional bersaing di panggung internasional.

 Ayu Azhari menilai, produk kerajinan budaya nasional bisa bersaing di pasar internasional. (Foto: Okezone/Ady Prawira Riandi)

"Berarti kan pemerintah harus memberikan ruang kepada pengrajin untuk bisa memasarkan produk mereka di pasar internasional. Karena minat orang luar sama kerajinan budaya kita sangat besar," tuturnya.*

Baca juga: Buku Baru Jessica Jung tentang Industri K-Pop Akan Difilmkan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini