nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ruben Onsu Ungkap Prosesi Adat yang Dilakukan Keluarga Betrand Peto

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 07 33 2113965 ruben-onsu-ungkap-prosesi-adat-yang-dilakukan-keluarga-betrand-peto-M1P7qP6HjF.jpg Ruben Onsu, Sarwendah dan Keluarga Betrand Peto (Foto: Instagram @ruben_onsu)

JAKARTA - Prosesi adat Nusa Tenggara Timur (NTT) sempat dijalani oleh Betrand Peto sebelum dinyatakan sah sebagai anak dari Ruben Onsu dan Sarwendah. Kedatangan Ruben Onsu dan Sarwendah pada 5 Oktober 2019 lalu ke kampung halaman Betrand di Pinggong, NTT, juga untuk menghadiri acara adat yang digelar di kediaman orang tua kandung bocah 14 tahun tersebut.

Ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019), Ruben Onsu mengungkapkan bagaimana jalannya prosesi pengesahan Betrand Peto sebagai putranya. Bahkan terdapat sebuah prosesi mengharukan di mana kala itu Betrand digendong oleh ayah kandungnya dan diserahkan pada Ruben dan Sarwendah untuk diasuh dengan penuh kasih sayang.

Baca juga: Pesan Ibu Kandung Betrand Peto untuk Ruben Onsu & Sarwendah

Betrand Petro digendong ayah kandung

"Jadi pada saat datang, Betrand tidak mengikuti upacara, jadi pada saat datang, dia ketemu semua keluarga intinya saja, ibunya, kakak, adiknya, lalu Betrand dipisahkan sama saya, dimasukkan dalam sebuah ruangan. Di ruangan itu Betrand diberikan sebuah bacaan khusus, di mana bagaimanapun rohnya beton tidak boleh keluar, tetap ada di sana, hanya dipercayakan untuk bisa dibesarkan oleh saya dan Wenda," ungkap Ruben Onsu.

"Betrand dikasih petuah-petuah oleh orang tuanya. Harus dipakaikan sarung, setelah dipakaikan harus sayang sama kedua orang tuanya, Betrand akhirnya digendong dan diserahkan ke saya, dari situ prosesnya baru segera dimulai," sambungnya.

Baca juga: Mike Tyson Ungkap Pernah Pergoki Istrinya Selingkuh dengan Brad Pitt

Darah segar dari ayam diketahui juga turut disertakan dalam prosesi adat tersebut. Bahkan darah tersebut ditafsirkan sebagai leluhur Betrand yang akan selalu melindunginya dan telah mempercayakan bocah tersebut untuk diasuh oleh orangtua dari Thalia dan Thania.

Ruben Onsu dan Sarwendah

"Yang merah-merah itu adalah darah ayam, di mana leluhur itu tidak akan pergi, dan selalu melindungi Betrand. Jadi ditaruh di dadanya, dia telapak tangan, telapak kaki, jadi mengirim setiap langkahnya dia semuanya saya. Dan juga karena saya dan Wenda sudah dipercaya sebagai orang tua, saya sudah dianggap menjadi keluarga di Pinggong, Manggarai," paparnya.

 

Meski Betrand kini telah resmi menjadi anak dari Ruben dan Sarwendah, pria 36 tahun tersebut membantah dirinya akan mengubah nama dari putranya. Ia justru mengaku hanya akan membubuhkan nama keluarga di belakang nama lengkap Betrand Peto.

"Enggak (ganti nama), hanya ada tambahan menjadi 'Putra Onsu'," tegas Ruben.

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Potret Betrand Peto, Penyanyi Cilik yang Jadi Anak Angkat Ruben Onsu

Potret kebersamaan Betrand Peto dengan keluarga Ruben Onsu. (Foto: Instagram @ruben_onsu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini