nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Idap PCOS, Tya Ariestya Pilih Jalani Program Bayi Tabung

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 10:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 20 33 2107334 idap-pcos-tya-ariestya-pilih-jalani-program-bayi-tabung-T0UCZYyqGY.jpg Tya Ariestya. (Foto: Instagram/@tya_ariestya)

JAKARTA – Demi mendapatkan buah hati, aktris Tya Ariestya memutuskan melakukan program bayi tabung. Hal itu dilakukannya, setelah divonis mengidap sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Secara sederhana, PCOS merupakan gangguan keseimbangan hormon yang menyebabkan terganggunya fungsi ovarium dan proses kematangan sel telur pada perempuan. Umumnya, penderita PCOS mengalami menstruasi tidak teratur, nyeri saat haid, dan mudah mengalami perubahan mood.

Tya Ariestya memilih program bayi tabung untuk mendapatkan buah hati. (Foto: Instagram/@tya_ariestya)

Dalam kasus Tya Ariestya, PCOS dan riwayat diabetes yang diturunkan dari sang ayah membuatnya tiga kali lebih sulit hamil dan mudah mengalami keguguran. Kondisi itu, sebenarnya telah disadari Tya sebelum ia menikah dengan Irfan Ratinggang.

Banyak pengorbanan yang dilakukan Tya ketika memutuskan menjalani program bayi tabung. Dia dan suami harus merogoh kocek dalam hingga harus mundur sementara waktu dari dunia keartisan.

Baca juga: Cara Tya Ariestya Agar Anak Sulung Tak Cemburu pada Sang Adik

“Jadi benar-benar harus istirahat. Sama sekali tak bekerja dan karena di rumah doang tak pernah pakai make-up,” ujarnya saat menjadi bintang tamu sebuah program talkshow pada 2016.

Perjuangan itu terbayar, setelah Tya Ariestya melahirkan Muhammad Kanaka Ratinggang, pada 4 Agustus 2016. Sekitar 2 tahun kemudian, Tya kembali menjalani program bayi tabung untuk mendapatkan anak kedua.

Prosedur serupa dengan perjuangan lebih keras pun harus dilewati Tya Ariestya. Dia harus mengonsumsi obat-obatan guna menguatkan janin hingga mengatur pola makan.

Ilustrasi Artis Hamil. (Foto: Okezone)

“Tanpa karbo, rendah gula, hindari kacang, kedelai, kopi, dan teh. Makanan yang harus dikonsumsi adalah putih telur dan kiwi gold,” ujar Tya lewat channel YouTube resminya.

Anak kedua Tya yang diberi nama Muhammad Kalundra Ratinggang pun lahir pada 30 April 2019. Lantas, berapa biaya yang dikeluarkan Tya Ariestya dan sang suami untuk dua program bayi tabung tersebut?

Tya Ariestya mengaku, satu kali program bayi tabung berkisar Rp80 juta hingga Rp150 juta. Biaya itu, menurutnya, akan sangat tergantung dengan dokter, obat yang dipakai, hingga tindakan medis yang dijalani.

Tahapan dengan biaya termahal, menurutnya, ada pada tindakan In Vitro Fertilization. Proses itu meliputi pengangkatan ovum dan sperma, laboratorium embriologi, hingga transfer embrio. “Harganya mencapai Rp42 juta,” ujarnya.

Tya Ariestya memilih program bayi tabung untuk mendapatkan buah hati. (Foto: Instagram/@tya_ariestya)

Selain itu stimulus dan obat-obatan lainnya juga menelan biaya tak kalah mahal, mencapai Rp41 juta. Sementara pemeriksaan laboratorium dan cek darah sekitar Rp5 juta - Rp7,5 juta.

Meskipun dua programnya berhasil, namun Tya Ariestya dan sang suami tak bisa menjamin prosedur bayi tabung akan berhasil pada semua pasangan. “Berusaha yang terbaik dan berdoa sama Allah, karena apapun keputusannya juga pasti atas izinNya,” ungkap Tya Ariestya.* 

Baca juga: Bintang Film Porno Jessica Jaymes Tewas, Diduga Gagal Jantung

1
3
BERITA FOTO
+ 8

Rianti Cartwright dan Suami Sepakat Jalani Program Bayi Tabung

Rianti Cartwright saat dipeluk dan dicium suami. (Foto: Instagram @riantic)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini