Cicit Wahidin Soedirohoesodo, Setiawan Djodi Lebih Nasionalis

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 33 2093249 cicit-wahidin-soedirohoesodo-setiawan-djodi-lebih-nasionalis-qiq6UUpeBB.jpg Setiawan Djody (Foto: Okezone)

JAKARTA - Musisi senior Setiawan Djodi memiliki hubungan darah dengan salah satu pahlawan Tanah Air. Djodi merupakan cicit dari dokter Wahidin Soedirohoesodo.

Memiliki garis keturunan seorang pahlawan, Djodi pun merasa semangat sang leluhur menular kepadanya. Dia pun menemukan prinsip mengenai nasionalisme dari kisah mengenai sang kakek buyut.

Baca Juga: Setiawan Djodi Ajak Golput di Pilkada Jakarta Pilih Jokowi

 

"Kenangannya, saya masih terlalu jauh tapi saya mendapat inspirasi dari perjuangan beliau sumber prinsip manifesto nasionalisme yang bertumbuh mengalir terus dari era ke era," ujar Setiawan Djodi, dikutip Okezone dalam saluran YouTube milik Foodcourt Cafe Kampayo XT, Jumat (16/8/2019).

"Dari eranya beliau (dokter Wahidin Soedirohoesodo) sampai bung Karno, lalu eranya pak Harto. Ya itulah kita teruskan sampai era ke depan ini," lanjut pria 70 tahun ini.

Dalam video yang sama, pemilik nama lengkap K.P.H. Salahuddin Setiawan Djodi Nur Hadiningrat ini pun seakan meluruskan kabar yang beredar selama ini yang menyebut Djodi adalah cucu dari dokter Wahidin Soediroehoesodo.

Baca Juga: Diberi Lever Anaknya, Setiawan Djody Membaik

 setiawan djodi

Menurutnya, dia bukanlah cucu dari pahlawan nasioanal itu, melainkan cicit.

"Putra beliau (dokter Wahidin Soediroehoesodo) yakni dokter Sulaeman itu eyang saya langsung. Jadi dokter Wahidin punya dua orang anak, satu dokter Sulaeman yaitu eyang saya lalu ada putranya yang lain bernama Abdullah," terang Djodi.

Semasa hidupnya, dokter Wahidin Sudirohusodo dikenal sebagai pahlawan nasional yang lekat dengan organisasi Budi Utomo. Meskipun bukan pendiri organisasi tersebut, namun domter Wahidin adalah penggagasnya.

Baca Juga: Idap Hipertiroid, Kondisi Terkini Jet Li Mencengangkan

Dokter Wahidin juga dikenal begitu dekat dengan masyarakat. Dengan begitu, dokter lulusan STOVIA ini memahami penderitaan rakyat akibat penjajahan Belanda.

Lewat fenomena yang dia lihat setiap hari, pria kelahiran 7 Januari 1852 itu sadar akan pentingnya pendidikan dan wawasan. Salah satu cara untuk membebaskan diri dari penjajahan, rakyat harus cerdas.

1
3
BERITA FOTO
+ 9

Pesona Cantiknya Artis Astrid Tiar

Astrid Tiar merupakan seorang pemeran wanita di Indonesia. (Foto: Instagram @astridtiar127)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini