nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasang Surut Band NOAH, dari Peterpan Hingga Bongkar Pasang Personel

Hana Futari, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 12:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 15 205 2092201 pasang-surut-band-noah-dari-peterpan-hingga-bongkar-pasang-personel-U8Uv2qjgJZ.jpg Noah (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Keputusan Uki untuk hengkang dari NOAH begitu menyita perhatian masyarakat Tanah Air. Uki resmi keluar dari grup musik yang membesarkan namanya pada pertengahan Agustus 2019 ini.

Ariel sebagai frontman grup band asal Bandung itu pun memilih bungkam ketika ditanya mengenai alasan keluarnya Uki. Menurut Ariel pertanyaan tersebut lebih tepat ditanyakan langsung kepada suami dari Metha Yuna tersebut.

Bukan kali ini saja personel dari Noah memilih hengkang dari band yang melejit lewat lagu Mimpi Yang Sempurna ini. Sebelum Uki, terdapat beberapa personel yang memilih untuk meninggalkan band yang kini hanya menyisakan anggota Ariel Lukman dan David ini. Berikut kilas balik fakta mengenai bongkar pasang personel NOAH.

Baca juga: Uki Keluar, Ariel Belum Pikirkan Personel Baru Noah

Noah

1. Keluarnya Andhika dan Indra

4 November 2006 NOAH yang saat itu masih bernama Peterpan membawa kabar yang kurang menyenangkan. Dua personelnya yakni Andhika sang keyboardis dan Indra yang berposisi sebagai basis menyatakan keluar dari grup musik yang saat itu tengah naik daun.

Dua mantan personel Peterpan ini pun kemudian membentuk grup band baru yang bernama The Titans. Posisi Andhika di Peterpan lalu digantikan oleh David dan Indra digantikan oleh Lucky.

Buntut dari perpecahan tersebut adalah pihak Andhika yang keberatan jika nama Peterpan masih digunakan oleh grup band tersebut. Bahkan, dikabarkan bahwa Andhika sempat mengancam akan paksa menghentikan penampilan grup musik tersebut jika masih menggunakan nama Peterpan.

2. Ihsan Nurrochman Menggantikan Lucky

Dua tahun bergabung bersama Peterpan, Lucky akhirnya memutuskan untuk hengkang. Posisinya sebagai bassist pun digantikan oleh Ihsan Nurrochman yang bergabung dengan Peterpan di tahun 2008.

Selain masuknya Ihsan Nurrochman, di momen yang bersamaan juga David pun diangkat sebagai personel tetap Peterpan. Hingga saat ini, mantan suami dari Gracia Indri tersebut pun masih setia dengan grup band yang kini telah berganti nama menjadi NOAH tersebut.

Noah

3. Pergantian Nama

Mengalami perpecahan 2006 lalu, Peterpan pun akhirnya memutuskan untuk mengganti nama mereka pada 2012. Dari tiga calon nama terpilih lainnya yakni Raokin, Tanaris, Masterplan, grup band tersebut pun memilih untuk menggunakan nama NOAH.

Terdapat filosofi di balik nama Noah sendiri. Menurut para personel, NOAH memiliki arti membuat nyaman, memberi ketenangan, dan panjang umur.

Setelah berganti nama, grup musik tersebut pun mengeluarkan single terbaru mereka yakni Separuh Aku. Perilisan lagu tersebut sekaligus mengenalkan identitas NOAH yang baru.

4. Ihsan Keluar

Setahun membuka lembaran baru sebagai NOAH, grup musik tersebut pun harus rela kehilangan satu personel mereka. Ihsan Nurrochman yang tergabung selama 5 tahun mengundurkan diri pada 2013. Posisi Ihsan sebagai bassist pun digantikan oleh Boy Tondo.

5. Reza Mengundurkan Diri

Dua tahun setelah hengkangnya Ihsan, Reza yang menjadi salah satu personel sejak Peterpan dibentuk pun menyusul keluar. Posisi drummer pun digantikan oleh Rio di awal 2015.

6. Boy Tondo Keluar

Tiga tahun tampaknya dirasa cukup bagi Boy Tondo untuk terlibat dalam grup band NOAH. Pada Maret 2016, sang bassis pun akhirnya memutuskan untuk keluar.

7. Hengkangnya Uki

Terbaru, Muhammad Kautsar Hikmat alias Uki pun pamit dari grup band NOAH. Uki, resmi keluar dari grup band ini di pertengahan Agustus 2019.

Pasca hengkangnya Uki, Ariel mengatakan belum mempersiapkan personel baru untuk grup band yang digawanginya itu. Menurut Ariel tak mudah untuk menggantikan peran mantan personelnya dalam waktu yang singkat.

1
3
BERITA FOTO
+ 8

Tri Suaka Penyanyi Asal Yogya yang Punya Suara Mirip Ariel NOAH

Tri Suaka mengenakan batik berwarna biru saat berada di Wonosobo, Jawa Tengah. (Foto: Instagram @xdjtrisuaka)

Berita Terkait

Noah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini