nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Horor, Film Drama Suzzanna justru Sabet Penghargaan di Luar Negeri

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 26 33 2084180 bukan-horor-film-drama-suzzanna-justru-sabet-penghargaan-di-luar-negeri-CnuIY4xGGF.jpg Suzanna (Foto: Instagram)

JAKARTA Suzzanna merupakan salah satu aktris legendaris Indonesia, bagaimana tidak, meski ia kini telah tiada namun karya tetap dinikmati hingga saat ini. Dibuktikan dengan kesuksesan film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur yang dimainkan oleh Luna Maya.

Sederet prestasi juga pernah diterima oleh Suzzanna, perempuan yang mengawali kariernya dengan ikut audisi Tiga Dara tahun 1950. Ya, sejak usia 8 tahun, bakat Suzzanna mencuri perhatian sutradara Usmar Ismail untuk mengajaknya bermain film dalam Darah dan Doa.

Film Darah dan Doa menjadi gerbang Suzzanna masuk ke dunia layar lebar, hingga mengantarkannya pada peran sebagai anak yang tinggal di asrama dalam film Asmara Dara (1958) yang bergenre drama musikal.

 

Baca Juga: Bayaran Mahal hingga Hilangnya Scene Sate, Simak Fakta Film Suzzana: Bernapas Dalam Kubur

Atas aktingnya itu, Suzzanna berhasil meraih penghargaan pertamanya sebagai Pemain harapan FFI tahun 1960. Di tahun yang sama, perempuan bernama lengkap Suzzanna Martha Frederika van Osch ini juga menyabet penghargaan Best Child Actress Award di Asian Film Festival di Tokyo, Jepang.

Menyusul prestasi lainnya, Suzzanna juga pernah masuk dalam dua nominasi Piala Citra. Pertama, untuk film Pulau Cinta (1978) sebagai Nominasi Aktris Terbaik Piala Citra FFI 1979. Sayang, kala itu ia harus merelakan piala itu untuk rekannya Christine Hakim.

Suzzanna kembali meraih nominasi aktris Terbaik Piala Citra FFI 1982 untuk filmnya, Ratu Ilmu Hitam. Namun lagi-lagi ia harus berlapang dada karena penghargaan itu diraih oleh Yenny Rachman yang bermain dalam film Gadis Marathon.

Walaupun gagal meraih Piala Citra sebagai aktris terbaik di masanya, tapi sepanjang karier beraktingnya selama 58 tahun, ia telah memainkan 42 film.

Baca Juga: Jefri Nichol "Bernyanyi", Sutradara Robby Ertanto Ikut Diciduk Polisi

Bahkan dalam setahun pasangan Cliff Sangra itu laris manis memainkan tiga judul film sekaligus. Hal itu terjadi di tahun 1981 (Sundel Bolong, Lembah Duka, Ratu Ilmu Hitam) juga 1984 (Telaga Angker, Dia Sang Penakluk, Usia Dalam Gejolak).

 

Karya terakhir Suzzanna adalah Hantu Ambulance yang tayang pada 21 Februari 2008. Sebelum akhirnya ia meninggal pada 15 Oktober 2008 akibat sakit diabetes.

1
2
BERITA FOTO
+ 9

Pesona Cantiknya Artis Astrid Tiar

Astrid Tiar merupakan seorang pemeran wanita di Indonesia. (Foto: Instagram @astridtiar127)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini