nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Mundur, Yang Hyun Suk Tetap Akan Punya Pengaruh di YG Entertainment?

Lidya Hidayati, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 17:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 15 33 2066790 sudah-mundur-yang-hyun-suk-tetap-akan-punya-pengaruh-di-yg-entertainment-7h0skOKYMg.jpg Yang Hyun Suk (Foto: JTBC)

SEOUL - Yang Hyun Suk telah memutuskan mundur dari semua posisi dan tugasnya di YG Entertainment per Jumat, 14 Juni 2016 kemarin. Keputusan itu diambil setelah kontroversi narkoba yang melilih B.I eks iKON.

Baca Juga: Bulan Depan, Fast and Furious 9 Akan Mulai Syuting di Thailand

"Aku berniat mundur dari semua posisi dan tugasku dari YG Entertainment hari ini. Aku benar-benar berharap tidak akan ada lagi masalah menimpa artis YG dan orang-orang yang mencintai mereka, karena aku," kata Yang Hyun Suk dalam pernyataannya kemarin.

Menyusul pengunduran diri Yang Hyun Suk, mundur pula Yang Min Suk, CEO YG Entertainment sekaligus adik Yang Hyun Suk. Lantas, dengan mundurnya kakak beradik Yang tersebut, akan bisakah YG Entertainment memulai lembaran baru?

YG Entertainment

Tidak semudah itu. Menurut pengamat, YG Entertainment masih belum akan benar-benar lepas dari genggaman Yang Hyun Suk. Pasalnya, ia masih pemilik saham terbesar di agensi yang melahirkan BIGBANG tersebut.

Melansir Koreaboo, Sabtu (15/6/2019), Yang Hyun Suk menguasai saham YG Entertainment sebesar 16,12 persen. Yang Min Suk berada di urutan kedua pemegang saham tersbesar setelah sang kakak dengan 3,31 persen. Pemilik saham YG Entertainment lainnya masing-masing hanya memiliki sekitar 1 persen saja.

Yang Hyun Suk

Itu pula lah yang membuat kenapa Yang Hyun Suk tetap memegang berbagai keputusan penting terkait artis YG Entertainment meskipun dia bukan lagi CEO dan hanya menduduki jabatan perwakilan produser.

Yang Hyun Suk memiliki peran besar dalam proses penyaringan dan training para trainee YG Entertainment. Dia juga yang menentukan proses produksi musik dan video para artis YG Entertainment.

Artis YG Entertainment

Berkaca pada besarnya pengaruh Yang Hyun Suk meskipun dia sudah lama tak menjabat sebagai CEO, pengamat berpendapat tak akan ada perubahan signifikan meskipun kini dia sudah mundur dari semua jabatannya di agensi yang ia bangun sendiri tersebut.

"Masih ada kemungkinan dia tetap memiliki pengaruh pada artis-artis YG Entertainment saat ini. Dengan mundurnya si adik yang berstatus CEO, mereka mencoba untuk fokus dalam mengubah organisasi internalnya. Tapi, dampaknya sepertinya masih akan berantakan untuk waktu yang lama," tutur orang dalam industri seperti dikutip dari Soompi.

Sementara pengamat lain berkomentar, "Perusahaan besar hanya mengikuti langkah manual yang typicak dalam situasi seperti ini. Untuk pekerjaan seperti perwakilan produser, tidak penting apapun nama posisinya, kalian masih bisa punya pengaruh besar dalam produksi konten. Bahkan lebih mudah dalam kasus ini karena Yang Hyun Suk masih pemegang saham terbesar."

Baca Juga: YG Entertainment Konfirmasi Kepergian B.I dari iKON

"Semua pemegang jabatan eksekutif (YG Entertainment) saat ini ada di pihak Yang Hyun Suk. Jadi, dia bisa terus memiliki pengaruh, baik langsung atau tidak langsung," jelas seorang direktur perusahaan promosi musik Korea.

(LID)

BERITA FOTO
+ 5

Penampilan Boy Band iKON pada Upacara Penutupan Asian Games 2018

Penampilan boy band asal Korea Selatan, iKON, pada Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu 2 September 2018.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini