nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Aktor Muslim Bollywood Ini Jalani Pernikahan Beda Agama

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 22:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 08 33 2064420 3-aktor-muslim-bollywood-ini-jalani-pernikahan-beda-agama-8va9OfH5EQ.jpg Shah Rukh Khan. (Foto: VOGUE Magazine)

MUMBAI – India memiliki klan Khan yang menjadi penguasa industri perfilman Bollywood. Setidaknya nama-nama seperti Shah Rukh Khan, Aamir Khan, Saif Ali Khan, hingga Salman Khan menjadi magnet untuk menghasilkan film-film yang sukses di pasaran.

Di balik kesuksesan mereka di dunia akting, kehidupan asmara para aktor bermarga Khan ini juga tak pernah sepi dari pemberitaan media lokal. Apalagi, Shah Rukh Khan, Saif Ali Khan, dan Aamir Khan yang meeupakan penganut Islam memilih untuk menikahi perempuan Hindu.

Perjalanan cinta mereka tak mudah, karena hingga kini pun pernikahan berbeda agama dianggap haram bagi sebagian kelompok masyarakat di India. Kali ini, Okezone akan menyajikan perjalanan cinta beda agama para aktor Bollywood bermarga Khan.

SHAH RUKH KHAN 

Shah Rukh Khan menikahi Gauri yang seorang Hindu pada 1991. (Foto: Instagram)

Tak mudah bagi Shah Rukh Khan mengantongi restu sang mertua untuk menikahi Gauri Chibber. Mafhum, aktor Kuch Kuch Hota Hai itu adalah seorang muslim, sementara Gauri beragama Hindu.

Restu baru diberikan, setelah Shah Rukh Khan sepakat untuk menikah secara adat Hindu. Pada 25 Oktober 1991, keduanya resmi menikah setelah 6 tahun berpacaran. Belakangan baru terbongkar bahwa sebelum menikah secara Hindu, keduanya telah mengucap janji sehidup semati secara Islam dan melegalkannya ke lembaga catatan sipil setempat.

Bersama Gauri, Shah Rukh Khan yang baru merintis karier itu harus menjalani pahit manis pernikahan bersama. Perekonomian keluarga yang pas-pasan membuat dia tak mampu memenuhi janji untuk membawa sang istri berbulan madu ke Paris, Perancis.

"Waktu itu, aku berjanji akan membawanya ke Paris dan menunjukkan Menara Eiffel padanya. Tapi semua itu jelas bohong. Aku bahkan tak punya uang untuk membeli tiket pesawat ke sana," kata Khan seperti dilansir dari FilmiBeat, pada Sabtu (8/6/2019).

Masa-masa sulit perlahan sirna, saat film Shah Rukh Khan dan Kajol, Dilwale Dulhania Le Jayenge sukses besar di pasaran pada 1995. Dari sini, sang aktor kemudian mencetak banyak film populer lainnya.

Shah Rukh Khan dan Gauri dikaruniai anak pertama, Aryan pada 1997. Selang 3 tahun kemudian, mereka dikaruniai seorang Putri cantik bernama Suhana. Putra bungsu mereka Abram lahir pada 2013, lewat proses surogasi.

Baca juga: Beradegan Ciuman dengan Shah Rukh Khan, Katrina Kaif Merasa Beruntung 

SAIF ALI KHAN 

Saif Ali Khan menikah dua kali dan dua-duanya dengan perempuan Hindu. (Foto: Instagram)

Aktor Saif Ali Khan diketahui menikah dua kali dan dua-duanya bersama perempuan Hindu. Pernikahan pertamanya terjadi pada 1991, bersama aktris Amrita Singh yang menjadi mualaf sebelum menikah.

Sayang, pernikahan yang sudah membuahkan dua anak itu harus berujung perceraian pada 2004. Sekitar 6 tahun pasca-bercerai, Saif Ali Khan akhirnya buka suara soal pernikahannya dengan Amrita. Dia mengaku, tak pernah memaksa mantan istrinya itu untuk menjadi seorang muslim.

Dia menyiratkan, meski menikah secara Islam, namun Amrita tetap menjadi seorang penganut Sikh. “Jadi ketika dia (Amrita Singh) sembahyang ke Gurudwara (kuil bagi komunitas Sikh), aku bertugas untuk menjaga anak-anakku," katanya.

Pada 2012, Saif Ali Khan menikahi aktris Kareena Kapoor yang juga seorang Hindu. Dari sini, tuduhan mengislamkan perempuan Hindu mulai dilayangkan kepada sang aktor. Namun kemudian dia menjawab semua tuduhan itu dalam sebuah wawancara dengan Tribune.

Dia menegaskan bahwa Kareena Kapoor tak pernah berpindah agama dan dia masih penganut Hindu. Karena alasan itu pula menurut Saif, dia dan sang istri menikah di bawah Undang-Undang Perkawinan Khusus Tahun 1954.

Tak ada satupun dari kami yang berpindah agama. Dan kalaupun misalnya hal itu terjadi (Kareena Kapoor menjadi mualaf), kenapa harus menjadi masalah besar? Kenapa harus ada pihak yang keberatan?” kata Saif Ali Khan.

Baca juga: Foto Pernikahan Saif Ali Khan dan Kareena Kapoor Beredar, Netizen Fokus pada Dua Sosok Ini

AAMIR KHAN

Seperti Saif Ali Khan, Aamir Khan juga menikah dua kali dengan perempuan Hindu. (Foto: Instagram)

Kisah cinta Aamir Khan dan Kiran Rao bermula dari hubungan profesional di lokasi syuting film Lagaan, pada 2001. Kala itu, Aamir Khan bertindak sebagai produser, sementara Kiran adalah asisten sutradara film tersebut.

Kala itu, Aamir Khan masih berstatus suami Reena Dutta yang kemudian menceraikannya, pada 2002. Ketika aktor 54 tahun itu terpuruk karena perceraiannya, Kiran Rao memberikan Dukungan kepadanya.

Dia menelefonku dan kami ngobrol selama 30 menit. Setelah pembicaraan itu selesai, aku bilang ke diriku, 'Ya Tuhan! Aku senang sekali bisa bicara dengannya meski itu pembicaraan singkat,'" kisah Aamir Khan seperti dikutip dari BollywoodShaadis.

Aamir Khan yang beragama Islam kemudian berpacaran dengan Kiran Rao yang seorang penganut Hindu, pada 2004. Perbedaan agama tampaknya tak menjadi masalah besar bagi keduanya. Pada 2005, Aamir Khan menikahi Kiran Dan mereka dikaruniai seorang anak laki-laki lewat proses surogasi.*

Baca juga: Naik Pesawat Ekonomi, Netizen Puji Kesederhanaan Aamir Khan

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Deretan Artis Bollywood Hadiri IIFA Awards 2017

Aktor Abhay Deol berpose di Green Carpet di ajang International Indian Film Academy (IIFA) Awards di Stadion MetLife di East Rutherford, New Jersey, AS, Sabtu (15/7/2017). The International Indian Film Academy (IIFA) Awards adalah sebuah penghargaan bagi insan perfilman Bollywood. REUTERS / Joe Penney

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini