nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rafael Smash Waspadai Penyebaran Cacar Monyet

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 18:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 16 33 2056628 rafael-smash-waspadai-penyebaran-cacar-monyet-U554mAkXpq.jpg Rafael Smash. (Foto: Instagram)

JAKARTA - Belum lama ini warga Singapura dikejutkan dengan temuan penyakit baru bernama cacar monyet atau monkeypox. Penyakit itu dibawa oleh seorang pria Nigeria yang sudah terjangkit virus tersebut sejak 8 Mei silam.

Kini kabarnya Indonesia pun harus sudah mulai bersiap menghadapi penyebaran cacar monyet. Batam menjadi daerah yang paling rawan karena sering dijadikan pelabuhan terdekat dari Singapura.

Baca juga: Tasya Kamila Beberkan Arti Nama Anak Pertama

Kekhawatiran pun mulai dirasakan oleh sebagian masyarakat, termasuk para selebriti. Rafael Smash, contohnya, melihat fenomena cacar monyet ini seperti saat tersebarnya virus flu burung.

"Sebenarnya itu agak meresahkan seperti flu burung dulu. Tapi kalau aku sih berusaha untuk tidak mikir ke sana. Kadang-kadang sugestinya kalau mikirin itu takutnya tiba-tiba datang," kata Rafael saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2019).

Rafael lalu menyarankan agar warga, khususnya di Batam, tetap menjaga asupan gizi agar daya tahan tubuh tetap kuat. Hal itu dirasa penting karena cacar monyet atau monkeypox merupakan sebuah virus yang bisa tersebar.

"Yang penting kita pola hidupnya baik dan jaga kesehatan saja supaya daya tahan tubuhnya kuat," tambah Rafael Smash.

Rafael Smash menilai, menjaga daya tahan tubuh adalah solusi terbaik untuk memerangi cacar monyet. (Foto: Instagram)

Baca juga: Smash Bakal Rilis Album Baru? Ini Kata Rafael

Namun sejauh ini belum ditemukan kasus cacar monyet di Indonesia. Sebagai langkah preventif, pemerintah melakukan pemeriksaan ekstra terhadap kedatangan penumpang dari luar negeri melalui Batam dan Pekanbaru.*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 8

Penampilan Boyband Smash

Boyband Smash tampil pada acara Showcase Starteen di Studio 18 GlobalTV, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Selain Smash, acara ini juga dimeriahkan penampilan Virzha Idol, Petra Sihombing, The Overtunes, dan Citra Scholastika.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini