nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktor Waikiki Son Seung Won Divonis 18 Bulan Penjara atas Kasus DUI

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 11 33 2042043 aktor-son-seung-won-divonis-18-bulan-penjara-akibat-kasus-dui-5jsNYGmbSQ.jpg Son Seung Won. (Foto: JTBC)

SEOUL - Pengadilan Distrik Seoul Pusat menjatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara untuk aktor Son Seung Won, pada 11 April 2019. Dia terbukti melanggar Undang-Undang Hukuman Tambahan tentang Kejahatan Khusus.

Son Seung Won dinyatakan bersalah atas tiga pelanggaran sekaligus: mabuk saat berkendara, menyetir tanpa surat izin mengemudi (SIM), dan berusaha melarikan diri dari lokasi kejadian. Padahal, dia telah melakukan dua pelanggaran serupa sebelumnya.

Baca juga: Posting Wajah Audrey Tidak Diblur, Nikita Mirzani Sindir Ifan Seventeen

“Setelah kasus DUI (menyetir di bawah pengaruh) pada 3 Agustus 2018, dia melakukan kesalahan yang sama pada 26 Desember 2018. Tak hanya mabuk, dia juga menyetir tanpa SIM dan sempat melarikan diri dari TKP,” ujar Hakim Senior Hong Ki Chan dalam persidangan seperti dikutip dari Soompi, pada Kamis (11/4/2019).

Hakim Hong Ki Chan menambahkan, aktor Go Go Waikiki itu tidak bertanggung jawab atas kecelakaan yang menyebabkan dua korban mengalami luka ringan. Apalagi, dia berusaha menghindar dengan memberikan kesaksian palsu kepada polisi. 

Dia mengklaim bukan pelaku penabrakan dan menunjuk teman yang ada di dalam mobilnya sebagai orang yang menyetir. Berdasarkan hukum yang berlaku di Korea Selatan, seseorang yang terlibat dalam kasus DUI dan menyebabkan orang lain terluka terancam penjara 1-15 tahun dan denda sebesar KRW10 juta-KRW30 juta (Rp124 juta-Rp372 juta).

Namun jika seseorang terlibat kasus DUI dan melarikan diri dari TKP, maka hukumannya bisa mencapai 30 tahun dengan denda maksimal KRW30 juta. “Meski Hukum Yoon Chang Ho tidak bisa diterapkan dalam kasus Son Seung Won, tapi saya tidak bisa mengabaikan aturan yang berlaku," kata sang hakim. 

Baca juga: Harga Dirinya Dibayar Rp500 Juta, Nikita Mirzani akan Buat Masjid

Dalam putusannya, Hong Ki Chan mengatakan, "Setelah mempertimbangkan kondisi sosial yang berkembang selama persidangan, maka Son Seung Won akan menerima hukuman 1 tahun dan 6 bulan penjara.”

Ini merupakan kasus keempat bagi Son Seung Won terlibat dalam kasus DUI. Menurut polisi, sang aktor mengendarai mobil sang ayah pada 26 Desember 2018, sekitar pukul 04.20 KST (02.20 WIB). Karena mabuk, dia kemudian menabrak mobil lain di kawasan Cheongdam dan menyebabkan dua orang mengalami luka ringan.*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 7

Potret Machonya Agung Saga Aktor Ganteng yang Positif Pakai Narkoba

Potret Agung yang kerap memamerkan perut sixpack-nya, dibalut dengan jaket kulit yang menambah kesan gentle man. (Foto: Instagram @agungsaga99)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini