Hampir Mirip, Ini Beda Musik Z-Pop dan K-Pop

Hana Futari, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 02:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 24 205 2034270 hampir-mirip-ini-beda-musik-z-pop-dan-k-pop-tjRbWY5NcM.jpg Foto: GTV

JAKARTA - Aliran musik Z-Pop kini mulai tenar dengan kemunculan dua grup yang mengusung konsep ini. Z Girls dan Z Boys merupakan grup Z Pop pertama yang dibentuk oleh agensi Korea Zenith.

Jika sekilas dilihat, konsep yang dibawakan Z-Pop ini hampir serupa dengan K-Pop. Namun, ternyata terdapat beberapa perbedaan mencolok di antara keduanya.

Perbedaan pertama terlihat dari para personel yang menggawangi boyband dan girlband ini. Jika K-Pop beranggotakan orang-orang dari Korea, namun tidak bagi Z-Pop.

Uniknya, meski dibentuk oleh agensi Korea, tak ada satupun member yang berkebangsaan Korea. Itulah mengapa aliran musik ini disebut dengan Z-Pop, yakni mengambil personel dari generasi milenial dengan latar belakang perbedaan asal negara.

Baca juga: Z-Boys dan Z-Girls Ikut Meriahkan Semi Final The Voice Indonesia

Brandon Choi, Executive Produser Zenith menceritakan awal mula kemunculan konsep Z-Pop. Berawal dari keinginan agar musik mereka dapat dinikmati oleh generas Z dari berbagai negara, proyek Z-Pop pun akhirnya resmi dijalankan.

"Hampir satu setengah tahun lalu, kami mencari model bisnis baru di industri musik. Kita mencari model baru dari K-Pop style music dan kami berpikir bagaimana kita bisa meraih para generasi Z bagaimana mereka bisa mengekspresikan perasaan mereka. Makannya kita memulai Zpop proyek ini," ujar Brandon Choi saat ditemui di MNC Studio, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu 20 Maret 2019.

Untuk Z Girls sendiri, terdiri dari 7 anggota, yakni Seperti diketahui, Vanya kini tergabung dalam poyek Z-Pop. Bersama Vanya dari Indonesia, Z Girl beranggotakan, Joanne (Taiwan), Queen (Vietnam), Belle (Thailand), Priyanka (India), Carlyn (Filipina) dan Mahiro (Japan).

Senada dengan Z-Girls, Z-Boys juga beranggotakan 7 orang, yakni Perry (Taiwan), Josh (Filipina), Roy (Vietnam), Mavin (Indonesia), Gai (Japan), Blink (Thailand) dan Sid (India).

Baca juga: Ini Sosok Hantu yang Paling Bikin Roy Kiyoshi Ketakutan

Tak hanya dari segi personel, perbedaan antara Z-Pop dan K-Pop juga terletak dari sisi bahasa. Jika K-Pop sebagian besar menggunakan Bahasa Korea, tapi Z-Pop memakai Bahada Inggris untuk setiap lirik lagu mereka.

Dipilihnya Bahasa Inggris sebagai media penulisan lirik mereka karena member dari Z-Pop ini terdiri dari negara yang berbeda serta akan membawa penggemar dari tempat asal mereka masing-masing. Sehingga lagu yang dirilis boyband dan girlband ini pun menggunakan Bahasa Inggris yang tak lain adalah bahasa universal.

"Z-Pop adalah musik dari Z generation. Dari 7 negara, kita akan mengambil musik yang bisa mengeskresikan mereka, lalu kita ambil lah itu untuk menyampaikan pesan pada penggemar mereka. Jadi K-Pop adalah K-Pop, Z-Pop adalah Z-Pop," pungkas Brandon.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini