nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wake Up Iris! Maknai Hari Musik Nasional dengan Cara Unik

Rena Pangesti, Jurnalis · Minggu 10 Maret 2019 02:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 10 205 2027946 wake-up-iris-maknai-hari-musik-nasional-dengan-cara-unik-8GmQbu8PpI.JPG Wake Up Iris! (Foto: Rena Pangesti/Okezone)

MAKASSAR - Memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret 2019, Musisi duo Wake Up Iris! punya cara unik untuk memaknai hari besar bagi musisi Air di Indonesia.

Sebagai band yang tengah berjuang meniti kariernya di dunia musik, Wake Up Iris! banyak belajar tentang sebuah perjuangan dari sosok W.R Supratman. Supratman adalah sosok pahlawan yang sekaligus dikenal sebagai pencipta lagu Indonesia Raya.

Baca juga: Lewat Soundsations 2019, Wake Up Iris! Buktikan Musisi Lokal Bisa Mendunia

"Hari Musik Nasional itu dipilih dari kelahiran W.R Supratman, ia berjuang untuk Indonesia dengan cara musik. Di mana banyak orang terdahulu angkat senjata melawan penjajah, beliau bisa menyatukan semangat rakyat Indonesia lewat musik," kata Vania Marisca, personil Wake Up Iris! saat ditemui di Phinisi Point Mall, Makassar.

Soundsations 2019 

Sama halnya dengan perjuangan W.R Supratman, Vania juga mengatakan jika perjuangan membutuhkan proses yang tidak instan. Maka sebagai musisi, Vania bersama rekannya Bie Paksi, mereka masih terus berjuang untuk mengenalkan musik secara luas. Tidak hanya di daerah asal mereka di Malang, tapi juga ke pasar luas hingga ke Mancanegara.

"Kami mau membuktikan jika musisi daerah juga punya kemampuan untuk berkarya. Pelan-pelan enggak masalah, asalkan terus fokus," lanjutnya.

Wake Up Iris! 

Panggung musik yang digelar seperti Soundsation, dan acara serupa menjadi batu loncatan untuk Wake Up Iris! unjuk kebolehan. Maka mulai dari acara seperti itu nama mereka mulai dikenal.

"Kami berhasil manggung dari ujung Aceh sampai Lampung, kawasan Jawa, dan sekarang Indonesia Timur di Manado, Ambon dan sekarang di Makassar. Itu menjadi pencapaian luar biasa untuk kami band lokal," jelas Vania.

Untuk itu, lewat Hari Musik Nasional, band yang berdiri sejak 2015 ini ingin mengajak musisi lokal untuk terus semangat dan punya keyakinan bahwa impian itu bisa diwujudkan.

Baca juga: Gelar Memorable Concert KLaboration, KLa Project Gandeng Musisi Millenial

"Kalau sukses sendiri biasa, tapi kalau sukses bersama-sama itu bukannya lebih baik? Kami mau ajak teman-teman musisi lokal untuk yakin bahwa dengan musik pun kalian bisa sukses. Enggak usah minder apakah musik itu bisa diterima atau tidak," ujar Vania.

"Karena aku yakin setiap musik itu punya pasarnya sendiri. Asal enggak berhenti berjuang," imbuhnya.

(ady)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini