nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nyanyikan Lagu Jawa, Jogja Hip Hop Foundation Manggung Sampai ke Luar Negeri

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 09 205 2027773 nyanyikan-lagu-jawa-jogja-hip-hop-foundation-manggung-sampai-ke-luar-negeri-3daQF0QdIP.jpg Foto: Instagram

JAKARTA - Jogja Hip Hop Foundation seakan hadir sebagai jawaban atas perpaduan musik hip hop yang dipadukan dengan bahasa tradisional, tepatnya Jawa. Saat ini, Java Hip Hop tak hanya mendapat apreaiasi di Tanah Air saja, namun juga manca negara.

Beberapa negara pun sudah pernah mengundang grup musik yang beranggotakan Kill The DJ, Anto Gantaz, Balance dan M2MX ini. Dari sini lah Jogja Hip Hop Foundation seakan menunjukkan bahwa musik berbahasa daerah dapat dinikmati oleh kalangan dunia.

Jogja Hip Hop Foundation mengawali karier dari panggung ke panggung. Pada 2003 mereka mengisi acara-acara berskala kecil seperti It's Hip Hop Reunion dan Angkringan Hip Hop.

Baca juga: Pulang Umrah, Luna Maya Temui Faisal Nasimuddin

Dengan tingkat kreativitas yang tinggi, di tahun 2006 hingga 2009, pelantun lagu Jogja Istimewa ini pun memulai proyek eksplorasi karya puisi Indonesia dan puisi tradisional yang dikemas dalam hip hop.

Karya puisi Hip Hop mereka dapat dinikmati dari album kompilasi Poetry Battle 1 dan Poetry Battle 2. Masing-masing dari album tersebut dirilis pada 2007 dan 2008.

Tak hanya melalui album Hip Hop puisi tersebut, Jogja Hip Hop Foundation juga meluncurkan karya berbentuk film dokumenter. Lewat film berjudul Hiphopdiningrat dan The Tales of Javanese Hip Hop, mereka menceritakan kisah perjalanan selama 8 tahun berkarya.

Baca juga: Usai Minta Maaf ke Denny Sumargo, DJ Verny Hasan Curhat Lagi di Instagram

Tampil beda dan terlihat unik dengan mengakulturasikan Budaya Jawa dan musik Hip Hop, Jogja Hip Hop Foundation pun mampu mencuri perhatian dunia internasional. JHF akhirnya mulai mendapat undangan ke jagad internasional di tahun 2011

Penampilannya di kelas mancanegara mereka awali dari pentas di New York dan San Fransisco. Aksi mereka di negara luar pun seakan membuka jalan bagi Jogja Hip Hop Foundation untuk melanjutkan langkah ke kancah internasional.

Kini, JHF juga sudah tampil membawakan hip hop Jawa ciri khas mereka di beberapa panggung di luar negeri lainnya seperti Amerika Serikat, China, Korea Selatan, dan India.

(sus)

BERITA FOTO
+ 10

Intip Potret Cantik dan Seksinya Bella Luna

Bella Luna tampil cantik dan seksi dengan gaun berwarna navy yang dikenakannya. (Foto: Instagram @bellalunaferlinn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini