nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Pencemaran Nama Baik Lay EXO dan Netizen Berakhir 'Damai'

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 21:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 06 33 2026810 kasus-pencemaran-nama-baik-lay-exo-dan-netizen-berakhir-damai-GoSFbZMvL8.jpg Lay EXO. (Foto: IST)

BEIJING – Sidang pencemaran nama baik yang diajukan Lay Zhang atas netizen bermarga Yang, akhirnya berakhir dengan putusan. Pada 5 Maret 2019, Pengadilan Distrik Haidin, Beijing memutus bersalah Yang dan mengharuskannya membayar ganti rugi sebesar USD10.100 atau setara Rp142,4 juta.

“Kalimat yang digunakan terdakwa (Yang) dalam unggahannya sangat kasar dan berisi kutukan dan fitnah terhadap Lay Zhang. Itu sesuatu yang tidak seharusnya ditoleransi oleh public figure manapun,” bunyi pernyataan resmi Pengadilan Distrik Haidin Beijing seperti dikutip dari AsiaOne, pada Rabu (6/3/2019).

Baca juga: 9 Tahun Bersama, Ashanty Kenang Masa Susah dengan Anang Hermansyah

Namun kemudian, Lay diketahui membatalkan putusan persidangan dengan beberapa pertimbangan. Berdasarkan keterangan pers yang dirilis kuasa hukum Lay, ada dua alasan kenapa personel EXO itu terkesan memaafkan si pelaku.

Pertama, karena Yang telah meminta maaf secara terbuka. Kedua, keluarga pelaku mengalami kesulitan ekonomi. Dalam keterangannya, Lay berharap Yang dapat memetik pelajaran dari kasus tersebut. Sehingga ke depan, dia dapat lebih berhati-hati dengan tindakannya di dunia daring.

Sekadar informasi, Yang menyerang Lay secara personel lewat sejumlah unggahannya di Weibo, sepanjang periode Juli 2016 hingga September 2017. “Lay Zhang pasti akan mati di jalanan malam ini,” ujar Yang dalam salah satu unggahannya.

Setelah mengetahui dirinya dituntut pada Januari 2019, Yang kemudian menghapus semua unggahannya di Weibo, kecuali surat permohonan maaf. “Aku meminta maaf secara tulus karena telah memfitnah Lay Zhang dan melontarkan kalimat buruk tentangnya,” katanya unggahan tersebut.

Baca juga: Lay EXO Ogah Anaknya Jadi Artis

Dia menambahkan, “Kritikan yang bersifat menyerang dan kutukan yang tak ada artinya itu telah merusak reputasi Anda. Untuk itu, saya meminta maaf.”*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 6

Kevin Aprilio Lamar Vicy Melanie di Korea Selatan Bikin Netizen Iri Hati

Momen romantis ketika Kevin Aprilio melamar sang kekasih, Vicy Melanie di Mount Seorak, Korea Selatan. (kevinaprilio)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini