Saingi Drake, BTS Jadi Artis Rekaman Terbaik Dunia Versi IFPI

Rena Pangesti, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 27 205 2023581 saingi-drake-bts-jadi-artis-rekaman-terbaik-dunia-versi-ifpi-FibxzTOpuA.jpg BTS. (Foto: People)

SEOULBTS menorehkan rekor baru dalam karier bermusik mereka. Federasi Industri Fonografi Internasional (IFPI) memasukkan nama BTS di peringkat kedua daftar Recording Artist of the Year atas capaian mereka sepanjang tahun 2018.

Boy band asuhan Big Hit Entertainment itu hanya kalah satu posisi dari Drake yang memegang rekor serupa dalam 3 tahun terakhir. Mengutip keterangan pers IFPI yang dirilis pada 26 Februari 2019, BTS sukses membayang-bayangi Drake lewat dua album mereka: ‘Love Yourself: Tear’ (Mei 2018) dan ‘Love Yourself: Answer’ (Agustus 2018).

Baca juga: Pacar Bocorkan Isi Chat yang Menjadikan Vanessa Angel Tersangka

IFPI menjelaskan, daftar Global Recording Artist of the Year diukur dari penjualan album (fisik maupun digital), unduhan, hingga streaming. Seperti diketahui, ‘Answer’ album terakhir BTS terjual 2,16 juta di Korea Selatan.

Capaian itu bahkan membuat BTS sebagai aktris dengan album terlaris di Negari Ginseng tersebut sepanjang tahun 2018. Sementara di pasar Amerika, BTS juga sukses memasukkan album tersebut ke chart Billboard 200.

Dengan hasil itu, BTS sukses menundukkan sederet musisi dunia lainnya. Ed Sheeran, Post Malone, Eminem, Queen, Imagine Dragons, Ariana Grande, Lady Gaga, dan Bruno Mars adalah beberapa di antaranya.

Di hari yang sama, BTS juga menuai penghargaan lain di kampung halaman mereka, Korea Selatan. Soompi mencatat, RM cs sukses membawa pulang tiga trofi dalam Korean Music Awards 2019: Musisi Terbaik, Lagu Terbaik, dan Lagu Pop Terbaik untuk Fake Love

Baca juga: Bella Luna Beberkan 3 Fakta soal Pernikahannya dengan Nana

Fake Love adalah lagu yang memiliki makna mendalam bagi kami. Ini adalah lagu yang menandai penampilan kami di Billboard Music Awards untuk kedua kalinya,” ujar Suga dalam pidato kemenangan grupnya.

Lebih lanjut, Suga mengungkapkan ada satu hal yang disadarinya sejak album dan lagu mereka menembus pasar internasional, termasuk Amerika Utara. “Menurutku, musik tidak punya rangking. Kami akan terus menghasilkan musik dan menyebarkan pengaruh musik Korea ke seluruh dunia.”*

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini