nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Endah n Rhesa Setuju RUU Permusikan Dibatalkan

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 07:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 07 205 2014626 endah-n-rhesa-setuju-ruu-permusikan-dibatalkan-ddGWNKHDOl.jpg Endah n Rhesa (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Kisruh Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan masih ramai diperbincangkan sampai saat ini. Pro dan kontra terjadi atas Rancangan Undang-undang ini lantaran beberapa pasal dinilai cacat dan merugikan pelaku industri musik.

Baca Juga: Shah Rukh Khan Ungkap Alasannya Tak Bisa Beradu Akting dengan Akshay Kumar

Gerakan penolakan musisi terhadap RUU Permusikan pun muncul dengan nama Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan atau biasa disingkat KNTLRUU Permusikan. Petisi daring agar DPR RI tidak mengesahkan RUU ini bahkan sudah ditandatangani oleh ratusan orang.

Endah n Rhesa menjadi satu dari sekian banyak musisi yang lantang menentang adanya RUU Permusikan. Duo folk suami-istri ini melihat ada banyak cacat dalam rancangan tersebut, bahkan jauh sebelum menjadi sebuah draft.

Endah n Resha

"Jadi memang itu ya, banyak sekali masalah yang harus dipecahkan dan didiskusikan daripada revisi menghamburkan uang negara dan kemudian mengambil waktu yang sangat banyak dan tidak efisien," kata Endah saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu 6 Februari 2019.

"Jadi memang lebih baik untuk di-drop saja karena ini membutuhkan diskusi yang panjang bahkan untuk membuat sebuah naskah kembali," sambungnya.

Bagi Endah dan Rhesa, RUU Permusikan yang saat ini sedang digodok kurang menjembatani apa yang dibutuhkan oleh sebagian besar musisi. Transparansi pembuatan rancangan ini pun kurang jelas karena sebagian besar musisi justru baru tahu belum lama ini.

Endah N Resha dan Kunto Aji Hibur Penonton BNI Java Jazz on The Move

Rhesa bahkan sangat menyayangkan sikap pemerintah yang kurang terbuka dengan langkah-langkah saat perancangan pertama Undang-undang ini. Padahal ia berharap agar semua pelaku industri musik bisa diajak berdiskusi agar kebijakan yang akan dilakukan oleh pemerintah bisa tepat sasaran.

Baca Juga: Endah N Rhesa Jadi Salah Satu Tuan Rumah di Festival Musik Rumah 2018

"Bukan hanya dari musisi aja, tapi juga dari pegiat musik ya. Kayak dari label, rekaman, atau organizer, pengajar musik. Semuanya harus dilibatkan sih untuk pertama tidak langsung merumuskan RUU tapi diskusi dulu masalahnya apa. Dan itu step by step jadi enggak bisa langsung," ucap Rhesa.

(LID)

BERITA FOTO
+ 7

Endah N Resha dan Kunto Aji Hibur Penonton BNI Java Jazz on The Move

Duo Endah N Rhesa menghibur penonton Jakarta International BNI Java Jazz on The Move di Atrium Epicentrum Walk, Jakarta, Kamis 15 Februari 2018.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini