nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musisi Pro dan Kontra RUU Permusikan Bertemu Bertukar Ide

Revi C. Rantung, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 15:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 04 205 2013611 musisi-pro-dan-kontra-ruu-permusikan-bertemu-bertukar-ide-9gPK6KNZYv.jpg Musisi pro dan kontra RUU Permusikan bertemu (Foto: Revi/Okezone)

JAKARTA - Sejumlah musisi seperti Arian ‘Seringai’, Danilla Riyadi, Band Gigi, Rara Sekar, Marcel Siahaan, Once Mekel hingga musisi kawakan Chandra Darusman mendatangi kawasan Cilandak, Jakarta Selatan pada Senin (4/2/2019). Kedatangan para musisi guna membahas mengenai RUU Permusikan yang kini menjadi kisruh lantaran beberapa pasal ada yang tidak masuk akal hingga dianggap mengebiri kebebasan berekspresi para musisi.

Anang Hermansyah selaku anggota Komisi X DPR RI sekaligus penginisiasi RUU Permusikan itu juga datang untuk mendengar keluhan dari para musisi. Diskusi ini langsung dipandu oleh Glenn Fredly.

Sementara itu, tampak pula beberapa musisi melontarkan pertanyaan draft RUU Permusikan. Seperti Rara Sekar, Wendy yang memberikan pernyataan sikap terkait RUU Permusikan hingga Marcel Siahaan.

Baca Juga: Pose dalam MRT Tuai Cibiran, Marsha Aruan Minta Maaf

Baca Juga: Billy Syahputra Keceplosan Ungkap Telah Menikah dengan Hilda Vitria?

"Naskah akademik didesain 2017 bulan Juli, kita bersama-sama membahas. Kita punya tim bersama-sama untuk membahas. Mulai dari proses produksi kreasi, distribusi, konsumsi itu kita bahas di situ. Kita membaca, demikian panjangnya," ujar Anang.

Lebih lanjut, terkait pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan para musisi, Anang memang memakluminya. Terlebih dari pasal 5, pasal 18, pasal 19, pasal 32-35, pasal 42 dan pasal 50 yang dinilai bertentangan dengan para musisi.

Bagi Anang pasal-pasal tersebut masih dapat direvisi hingga diubah. Dan ia menegaskan bahwa RUU Permusikan masih berupa draft.

"Ini hal masih draft, yang memang butuh masukan dari kita semua, sudah mewakili apa belum. Ini makanya kuncinya ya hari ini kita bertemu," tutupnya.

Sementara itu, Danila Riyada mengungkapkan apa yang dijelaskan Anang Hermansyah belum menjawab permasalahan industri musik di Indonesia.

"Saya pribadi masih ngerasa belum terjawab, sebetulnya saya lebih suka meretas pasalnya satu persatu terus ngomong, untuk memastikan mas Anang sebagai musisi dan pelaku seni juga memikirkan masalah sensitif ini. Dan aku tetap menolak adanya RUU," ujar Danila

Penolakan terhadap RUU Permusikan ini, para pelaku musik yang diisi dari kalangan penyanyi, pencipta lagu hingga para pengamat musik membentuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan. Dimana dalam koalisi itu terdapat 262 pelaku musik yang menyatakan secara tegas menolak RUU Permusikan.

(aln)

BERITA FOTO
+ 3

Romantis, Duet Ashanty dan Anang di Panggung Silet Awards 2017

Aksi panggung Ashanty dan Anang Hermansyah pada acara Silet Awards 2017 di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta, Senin (16/10/2017) malam. Pada duet tersebut pasangan Ashanty dan Anang bawakan single Jodohku.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini