nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia Sukses RM Pimpin BTS hingga Mendunia

Nurdiana, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 09:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 03 33 1999276 rahasia-sukses-rm-pimpin-bts-hingga-mendunia-tx3Io6E8ci.jpg RM 'BTS' (Foto: Instagram/@btsnamjoon)

SEOUL - Menjadi seorang leader dari sebuah grup idol Korea merupakan tanggung jawab yang besar. Kesuksesan sebuah grup tak luput dari peran seorang pemimpin. Seperti halnya grup BTS yang dipimpin oleh RM sebagai leader.

Baca Juga: RM 'BTS' Tenangkan Fans Usai Kabar Operasi Hidung Terkuak

Seorang leader biasanya adalah anggota tertua dari suatu grup. Namun RM sendiri bukanlah anggota tertua dalam BTS, tetapi peran ini diberikan kepadanya karena ia dirasa cocok untuk mendapatkan peran tersebut.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Money Today tahun lalu, RM dengan rendah hati menyatakan bahwa ia lebih memilih disebut sebagai perwakilan BTS ketimbang pemimpin grup BigHit Entertainment itu.

RM 'BTS'

“Saya lebih suka dipanggil sebagai seorang perwakilan dari BTS daripada pemimpin. Saya mendapat banyak kesempatan untuk berbicara, jadi saya menjaga apa yang saya katakan agar tidak merusak reputasi kami,” ucapnya seperti yang dilansir Koreaboo, Kamis (3/1/2019).

Ketika ditanya mengenai hal tersulit yang ia alami menjadi seorang pemimpin, RM mengatakan bahwa menjaga komunikasi ketika semua anggota sedang sibuk adalah hal yang paling sulit. Pelantun Fire ini menjelaskan bagaimana cara dia dan anggota BTS lainnya mengatasi masalah itu.

BTS

“Kata kunci yang selalu kami ingat adalah komunikasi dan kasih sayang. Kata-kata itu mungkin klise, tetapi itu juga kebenaran yang tidak berubah. Kita harus berbicara, dan ketika orang lain berbicara, kita harus mencoba melihat sesuatu dari sudut pandang mereka agar dapat bersimpati,” lanjut RM.

Selain itu, kunci lain dari kesuksesannya memimpin BTS adalah tidak memaksakan tujuan dan harus peka pada keadaan sekitar. RM lebih memilih untuk memahami kelebihan dan kekurangan setiap membernya, untuk kemudian diubah menjadi kekuatan grup mereka.

RM 'BTS'

“Ini cara terbaik yang dilakukan dari setiap anggota dan memungkinkan individu merasa puas, dan pada saat yang sama membuat grup lebih kuat," paparnya.

Baca Juga: Ini Nazar Denada Setelah Shakira Sembuh

"Setiap anggota memiliki bidang di mana mereka unggul. Kami tidak melihat ini sebagai sesuatu yang individu. Kami akan saling mengajarkan apa yang kami kuasai (pada yang lain) dan melalui hal itu kami akan terus naik satu tingkat,” pungkas RM.

(LID)

BERITA FOTO
+ 6

WOW! BTS Jadi Boygroup Korea Selatan Pertama yang Tampil di American Music Awards

Boygroup Beyond The Scene (BTS) hadir pada acara American Music Awards 2017 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (19/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini