nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Poligami di Kalangan Artis, Ini Kata Tika Bisono

Rena Pangesti, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 00:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 22 33 1980958 soal-poligami-di-kalangan-artis-ini-kata-tika-bisono-4xTW4ZboV3.jpeg Tika Bisono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Poligami di kalangan masyarakat Indonesia memang masih tabu terdengar. Meski begitu, tidak sedikit para selebriti yang justru memberikan contoh bagaimana kehidupan seorang laki - laki yang memiliki lebih dari satu istri alias poligami.

Para selebriti tanah air diantaranya seperti Parto, Kiwil, Opie Kumis hingga para pendakwah Arifin Ilham dan Aa Gym. Menjadi beberapa diantaranya yang melakukan poligami. Lantas di mata seorang pengamat hidup melihat fenonema ini?

Baca Juga: Ternyata, Ini Penyebab Perceraian Gading Marten dan Gisel

Baca Juga; Penyebab Perceraian Gading & Gisel, Ini Kata Gibran Marten

Tika Bisono

Tika Bisono selaku psikolog pun turut memberikan tanggapannya. Bahwa sebenarnya keputusan poligami yang dilakukan oleh pria, cukup menyakiti perasaan wanita. Pada hal ini sang istri tentunya.

"Bahwa pada akhirnya jika poligami itu terjadi dan sang istri mengizinkan, di lubuk hati mereka itu menjadi korban. Pernikahan itu kan seharusnya membuat satu sama lain bahagia, tapi kalau toh akhirnya dimadu?" kata Tika saat dihubungi via telepon oleh Okezone, Rabu (21/11/2018).

"Tidak bisa dipungkiri bahwa ada memang wanita ikhlas dimadu, tapi apakah mereka yang dipoligami atas dasar ikhlas? Fakta dilapangannya kan tidak begitu," jelasnya.

Pandangan serupa juga diungkapkan oleh Mintarsih, sebagai wanita yang mendalami ilmu kejiwaan. Bahwasanya tidak sedikit orang yang merelakan suaminya berpoligami karena beberapa alasan dan bukan atas dasar keikhlasan.

"Beberapa faktor mempertahankan rumah tangga adalah urusan finansial. Dimana sang wanita butuh support sang suami sehingga rela dimadu. Atau ada ancaman lain berkedok nama 'ikhlas' di luar. Itu sebenarnya menjadi rahasia umum dikalangan suami istri," paparnya.

Bicara soal ikhlas dan tidak, memang semua kembali pada diri masing - masing. Begitu pula dengan poligami yang dijalani oleh mereka, termasuk selebriti tanah air. Namun jika memang benar ikhlas dijadikan sebuah kedok untuk menutupi rasa sakit, apakah ini yang dinamakan sebuah pernikahan?

(aln)

BERITA FOTO
+ 7

Bicara Poligami, Fedi Nuril: Suami Berpoligami Itu Super

Aktor Fedi Nuril saat berkunjung ke Kantor Okezone di Gedung Highend, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (14/11/2016). Aktor pemain film "Surga Yang Tak Dirindukan" ini mengganggap bahwa suami berpoligami itu super.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini