nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jerinx SID vs Via Vallen, Glenn Fredly: Harusnya Bayar Royalti!

Rena Pangesti, Jurnalis · Senin 19 November 2018 08:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 18 33 1979509 jerinx-sid-vs-via-vallen-glenn-fredly-harusnya-bayar-royalti-xpJkrWE7A8.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA - Kasus dugaan pelanggaran hak cipta yang telah dilakukan Via Vallen atas lagu milik Jerinx SID berjudul Sunset Di Tanah Anarki, menciptakan sesuatu yang akhirnya dipandang positif oleh musisi Glenn Fredly.

Menurut Glenn, munculnya kasus ini paling tidak memberikan dampak positif untuk kemajuan musik di Tanah Air. Terutama dari sisi hak cipta.

"Adanya hal ini kan, masyarakat Indonesia, khususnya para penyanyi jadi melek undang-undang. Setidaknya mau tahu seperti apa sih sebenarnya peraturan mengenai hak cipta sebuah karya di Tanah Air," kata Glenn dalam tayangan Via Vallen vs Jerinx di channel YouTube Cameo Project (16/11/2018).

"Satu contohnya bahwa kita punya UU Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 antara lain mengamanatkan pemberian royalti," ujar Glenn.

(Baca juga: Mengenal Kat Ramnani, Wanita Beruntung yang Dinikahi Christian Bautista)

"Artinya meskipun hanya sekedar menyanyikan, itu sudah ada peraturan untuk membayar hak si pencipta karya. Jadi si penyanyi mendapat bayaran atas lagu yang dinyanyikan dan juga penciptanya juga mendapat hak yang sama," papar Glenn.

Selain bicara mengenai hak royalti, pelantun lagu Januari itu menegaskan jika pandangan masyarakat selama ini mengenai musik, tidak bisa membuat seseorang sejahtera, itu salah adanya.

(Baca juga: Jerinx 'SID' Ogah Berkomentar soal Via Vallen)

"Dengan momentum ini, masyarakat kan sedikit mempelajari soal royalti. Dan jika semua sistem bisa dilaksanakan dengan baik, maka Enggak ada pandangan lagi kalau pemusik itu enggak bisa sejahtera," kata Glenn.

"Contoh misalnya, dari lagu yang kita ciptakan terus lagu itu dinyanyikan, diputar kembali, itu ada hitungannya. Memang jumlahnya tidak sedikit. Tapi kalau di gabungkan semua, kan? Berpotensi jika musik itu menjadi profesi yang cukup menjanjikan," jelas Glenn.


(sus)

(kem)

BERITA FOTO
+ 7

Potret Via Vallen, Pakai Hijab Terlihat Lebih Cantik

Via Vallen dengan sweater dan topi pink bak barbie. (Foto: Instagram viavallen)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini