nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Manis Suga 'BTS' untuk ARMY yang Mengikuti Suneung

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Sabtu 17 November 2018 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 17 33 1979251 pesan-manis-suga-bts-untuk-army-yang-mengikuti-suneung-TpC4pfASH7.jpg Suga BTS. (Foto: Dispatch)

SEOUL - Pada 15 November 2018, para pelajar di Korea Selatan menjalani ujian masuk perguruan tinggi atau yang dalam bahasa setempat disebut Suneung. Tahun ini, menurut Korea Herald, ada lebih dari 600.000 pelajar yang mengikuti ujian tersebut.

Bersamaan dengan pelaksanaan Suneung, Min Yoon Gi alias Suga ‘BTS’ memberikan semangat kepada para ARMY (sebutan fans BTS) yang mengikuti ujian lewat Twitter. Dia memulai unggahannya dengan mengenang kembali saat dia mengikuti ujian serupa pada 2015.

Baca juga: Tinggalkan Islam, Zayn Malik Picu Kekecewaan Fans

“Hi, ini Suga. Hari ini (15/11/2018) bertepatan dengan ujian masuk perguruan tinggi dan kembali mengingatkan aku bagaimana menghadapinya kala itu,” ujar rapper BTS tersebut.

Hidup berjauhan dari kedua orangtua, diakui Suga, membuatnya harus mempersiapkan segala sesuatu sendiri, termasuk bekal makan siang. “Sehari sebelum Suneung, aku berusaha untuk tidur sambil berpikir, ‘Aku harus membeli gimbap sebelum ujian’. Tapi aku tak bisa tidur,” katanya.

Pada hari H, Suga mengaku membawa bekal makan siang yang telah dipersiapkan oleh member BTS dan berjalan gugup ke lokasi ujian. “Waktu berlalu sangat lambat. Aku yang nota bene tak terlalu tertarik dengan dunia pendidikan sejak berusia 17 tahun dan menghabiskan sebagian besar waktuku di studio dan ruang kerja, merasakan gugup teramat sangat pada hari itu,” imbuhnya.

Setelah menyelesaikan ujian, rapper 25 tahun itu mengaku tetap tak bisa tidur dan kepalanya penuh dengan berbagai hal. Pada penghujung unggahannya, Suga memberikan nasehat dan semangat kepada para penggemarnya.

“(Dulu) aku berpikir, berusia 20 tahun akan membuat hidupku lebih dinamis. Tapi kenyataannya tak seperti itu. Jadi tolong jangan gugup dan berusahalah sebisa mungkin seperti yang telah kalian persiapkan,” ungkapnya.

“Nikmati saja waktu kalian menghadapi ujian, seperti kalian telah berkompetisi selama 12 tahun (bersekolah). Tapi tolong jangan minum alkohol ya karena kalian masih di bawah umur,” tutup Suga.

Baca juga: Selfie Bareng, Suga 'BTS' dan Epik High Bakal Kolaborasi?

Tes masuk perguruan tinggi di Korea Selatan dilakukan secara serentak pada 15 November 2018, pukul 08.40 KST. Korea Herald mencatat, ada 1.190 titik tes ujian di 86 distrik di seluruh Korea Selatan.

Tahun ini, sederet idol K-Pop diketahui mengikuti Suneung. Mereka adalah Choi Yoo Jung dan Lua ‘Weki Meki’, Somyi ‘DIA’, Kim Seung Min dan Hwang Hyun Jin dari Stray Kids, Kim Chae Won ‘IZ*ONE’, Lee Chae Young ‘From_is9’, Choi Bo Min ‘Golden Child’s’, Sunwoo dan Hwal dari The Boyz, serta Heejin dan Hyunjin personel ‘Loona’.

(SIS)

BERITA FOTO
+ 6

WOW! BTS Jadi Boygroup Korea Selatan Pertama yang Tampil di American Music Awards

Boygroup Beyond The Scene (BTS) hadir pada acara American Music Awards 2017 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (19/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini