nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menengok Perkembangan Dance dari Tahun ke Tahun

Revi C. Rantung, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 15:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 09 205 1975589 menengok-perkembangan-dance-dari-tahun-ke-tahun-9Wg3Lu4FvB.jpg Evolution of Dance (foto: Youtube)

JAKARTA - Dari tahun ke tahun rupanya dance mengalami sebuah perubahan, bahkan bila menengok dari segi gerakan yang ditampilkan, juga semakin berkembang. Mengingat dance sudah menjadi sebuah seni yang memiliki nilai penting.

Sebagai informasi, dance merupakan seni yang umumnya melibatkan gerakan tubuh dengan irama dan musik. Bahkan dalam budaya, dance juga kerapa kali terlibat.

Baca Juga: 10 Hari Menikah, Maia Estianty Bicara soal Momongan

Baca Juga: Ditanya soal Bayaran Jadi Suzanna, Luna Maya: Ini Honor Terbesar Kedua Saya

Namun ada baiknya, bila kita mengetahui dance dari tahun ke tahun yang memiliki perkembangan signifikan. Seperti dilansir dalam akun youtube dengan judul ‘Evolution of Dance 1920-2000’.

Dimulai dari tahun 1920an, gaya dance dan musik yang diperlihatkan oleh dua orang dalam tayangan youtube memainkan musik dengan tempo cepat. Begitu pula gaya dance yang dilibatkan yang juga bertempo cepat. Disini yang sangat berbeda dengan dance masa kini adalah musik dan cara berpakaianya.

Beralih pada tahun 1930an, tidak ada perubahan yang signifikan, mulai dari gaya dance hingga musik yang disuguhkan masih sama. Dance dengan gaya yang sama masih bertahan hingga tahun 1940an.

Kemudian pada tahun 1950an gaya yang ditampilkan mulai sedikit berbeda dengan gaya berpakaian yang casual, namun musik yang disuguhkan tak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Gaya dance ini pun bertahan sampai dengan tahun 1960an.

Lebih lanjut, pada dance tahun 1970an gayanya memang tak berbeda dengan tahun sebelumnya, hanya saja dari segi pakaian yang kembali lagi pada era 1950an.

Masuk pada tahun 1980an, sentuhan musik hiphop terasa kental. Tak hanya itu, pada segi musik yang disuguhkan memperdengarkan musik ala beatbox. Menariknya pada tahun ini pula sudah mulai sedikit mengenal breakdance.

Merti Kali Boyong Upacara Adat Menjaga Kelestarian Air di Sleman Yogyakarta

Tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, pada 1990, dance belum mengalami pergeseran yang signifikan. Hal itu pun terjadi hingga pada tahun 2000an. Dimana dance dengan memperdengarkan musik hiphop, masih menjadi pilihan utama.

(aln)

BERITA FOTO
+ 6

Sejumlah Tarian Tradisional dan Kontemporer Ditampilkan pada Eksotika Bromo

Sejumlah penari menampilkan Tari Reog Ponorogo pada Eksotika Bromo di Lautan Pasir kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (29/6/2018).

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini