nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Jadi Selebriti Ternama, 6 Artis Ini Berkarier sebagai Atlet

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Rabu 29 Agustus 2018 15:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 29 33 1943112 sebelum-jadi-selebriti-ternama-6-artis-ini-berkarier-sebagai-atlet-Dbrpvy7qhG.jpg Prisia Nasution dan Denny Sumargo. (Foto: Instagram)

JAKARTA - Menjadi selebriti memang identik dengan gaya hidup mewah. Mereka dituntut untuk selalu tampil ciamik di layar kaca demi memanjakan mata para penggemar. Namun siapa sangka, sebelum memilih menjadi artis deretan selebriti Tanah Air ini menjalani karier yang jauh dari kesan wah.

Mereka lekat dengan keringat, latihan yang memerlukan kedisiplinan, hingga terkadang harus mengalami cedera. Ya, tujuh selebriti ini sebelumnya adalah atlet beberapa cabang olahraga yang mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. Lalu siapa saja mereka? Berikut nukilannya untuk Anda seperti dirangkum dari berbagai sumber.

#1. Joe Taslim  

 

Johannes 'Joe' Taslim sempat menjadi sorotan pencinta film Hollywood setelah penampilan apiknya dalam franchise Fast and Furious 6. Dalam film yang juga menampilkan Vin Diesel dan Dwayne Johnson itu, dia bahkan harus beberapa kali terlibat pertarungan dengan tangan kosong.   

Adegan-adegan tersebut berhasil dilaluinya dengan mudah. Mafhum, aktor 37 tahun itu sempat tercatat sebagai atlet judo Indonesia sepanjang 1997 hingga 2009. Dia dekat dengan dunia bela diri sejak usia dini dengan berlatih pencak silat, wushu, judo, taekwondo, hingga shotokan.

Dalam kariernya sebagai atlet, bapak tiga anak itu pernah menjadi penyumbang medali perak untuk Indonesia dalam ajang SEA Games 2007 di Thailand. Pada usia 18 tahun, dia bahkan sempat memboyong pulang medali emas dalam ajang South East Asia Judo Championship di Singapura.

#2. Prisia Nasution

Di balik gemulai Prisia Nasution sebagai ronggeng Srintil dalam Sang Penari, aktris 34 tahun tersebut ternyata penyuka olahraga ekstrem. Dia tercatat, sebagai salah satu atlet pencak silat nasional sejak masih duduk di bangku SMP.

Prisia diketahui sempat mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) pada 2007, sebelum akhirnya memutuskan hijrah ke dunia akting. Meski tak sepenuh berhenti berlatih pencak silat, namun Prisia lebih banyak menggunakan kemampuannya untuk kebutuhan akting.

Kemahirannya dalam pencak silat dibuktikannya saat berlakon sebagai Cempaka dalam film Pendekar Tongkat Emas, pada 2014. Film itu merupakan proyek kedua Prisia bersama sutradara Ifa Isfansyah yang juga menggarap Sang Penari.   

#3. Samuel Rizal


Sebelum meraih popularitas di dunia hiburan dengan berlakon sebagai Adit dalam film Eiffel... I'm in Love pada 2003, Samuel Rizal Arifin dikenal sebagai pebasket muda berprestasi. Bermodalkan tinggi badan 181 sentimeter, aktor 37 tahun itu diketahui pernah bergabung dengan klub basket Satria Muda.

Pada usia terbilang belia, 15 tahun, Samuel diketahui bergabung dalam Timnas basket junior Indonesia. Selanjutnya, bapak satu itu juga sempat mewakili Indonesia pada kejuaraan three on three di Taiwan.  

Kini di sela-sela kegiatannya sebagai seorang aktor, Samuel diketahui masih menjalani hobinya bermain basket. Samuel diketahui bermain dalam dua film sekaligus, Eiffel... I'm in Love dan Target.

Baca juga: Fakta Menarik Jonatan Christie, dari Badminton hingga Pandai Menyanyi

#4. Tya Ariestya


Ketika Ariestya Noormita Azhar alias Tya Ariestya memulai kariernya di industri hiburan pada 2001, dia lebih dahulu menjadi atlet taekwondo. Seni beladiri asal Korea Selatan itu mulai ditekuninya saat masih berusia 12 tahun. Sayang, sekitar 5 tahun kemudian dia memutuskan pensiun menjadi atlet taekwondo.

Sepanjang 5 tahun kariernya sebagai atlet, perempuan 32 tahun itu sempat menorehkan prestasi dengan mengoleksi delapan medali emas, dua perak, dan satu perunggu. Pertarungan terakhir Tya di lapangan adalah saat ia mengikuti kejuaraan taekwondo Indonesian Open pada 2000.

Tak sepenuhnya meninggalkan taekwondo, Tya kini memperkenalkan olahraga itu kepada putra sulungnya, Muhammad Kanaka Ratinggang. Tak jarang, Tya mengunggah momen latihannya bersama bocah 2 tahun tersebut.

#5. Iko Uwais


Talenta Iko Uwais berakting laga pertama kali ditemukan oleh sutradara Hollywood, Gareth Evans, pada 2007. Kala itu, sutradara The Raid tersebut mendokumentasikan penampilan Uwais saat sedang berlatih silat. Dari sinilah, Evans kemudian menggandeng suami Audy Item itu untuk berperan dalam Merantau yang dirilis pada 2009.

Dari satu film, Evans kembali membawa pemilik nama asli Uwais Qorny itu untuk bermain dalam dua film lainnya, The Raid dan The Raid 2. Terakhir, dia bermain dalam Mile 22 film laga arahan sutradara Peter Berg, Dalam ketiga film tersebut, Iko dengan luwes mempertontonkan kemahirannya bertarung. Mafhum, dia adalah atlet pencak silat sejak tahun 1993.

Sebagai atlet, Iko pernah meraih peringkat ke-3 kejuaraan daerah antarperguruan silat di Jakarta, pada 2003. Dia juga pernah mendapat predikat penampil terbaik kategori dewasa tunggal pada Festival Pencak Silat Cibubur, pada 2005.

#6. Denny Sumargo

Serupa dengan Samuel Rizal, presenter dan aktor Denny Sumargo juga mengawali kariernya dengan menjadi seorang pebasket profesional. Dia diketahui mulai menekuni bidang tersebut sejak tahun 2000.

Lelaki kelahiran Makassar 36 tahun silam itu, diketahui bergabung dengan tim Aspac Jakarta dan berhasil membawa timnya menjuarai IBL beberapa kali. Melalui basket pula, Denny sempat meraih sederet penghargaan, seperti MVP (pemain terbaik) Kobatama Regular Season 2002-2003.

Dia juga sempat bergabung dalam tim basket nasional Indonesia pada 2001, 2003, serta 2007. Selain bersama klub Aspac, Denny juga pernah bermain dengan klub Satria Muda Britama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini