nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BTS, TVXQ, dan Kim Jaejoong 'JYJ' Raih Sertifikat Gold dari RIAJ

Sasya Semitari P, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 17:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 10 205 1934812 bts-tvxq-dan-kim-jaejoong-jyj-raih-sertifikat-gold-dari-riaj-4SOvv200xS.jpg BTS. (Foto: Billboard)

SEOUL – Asosiasi Industri Rekaman Jepang (RIAJ) merilis daftar artis-artis yang mendapatkan sertifikat Gold periode Juli 2018. Dari deretan musisi lokal, ternyata terselip tiga nama artis K-Pop: TVXQ, Kim Jaejoong ‘JYJ’, dan BTS.

Grup duo TVXQ misalnya, mendapatkan sertifikat Gold untuk Road, lagu berbahasa Jepang yang mereka rilis pada 25 Juli 2018. Track tersebut merupakan lagu Jepang pertama TVXQ yang dirilis pada 2018. Sebelumnya, Yunho dan Changmin juga sempat merilis Begin Again, pada Desember 2017.

Baca juga: Keluarga Almarhum Julia Perez Terharu Dapat Sapi dari Ruben Onsu

TVXQ merupakan salah satu artis K-Pop yang memiliki popularitas cukup kuat di pasar Jepang. Ini bukan kali pertama mereka mendapatkan sertifikat Gold dari RIAJ. Pada 2008, grup tersebut meraih sertifikasi emas perdana mereka lewat lagu T.

Mereka juga sempat meraih sertifikat Platinum lewat album ‘The Secret Code’ (2009) dan ‘Best Selection 2010’ (2010). Sementara Kim Jaejong, mantan persenol TVXQ, mendapatkan sertifikasi Gold lewat lagu Jepang, Sign/Your Love. Lagu itu dirilis Kim di Jepang, pada 27 Juni 2018.

BTS merupakan musisi Korea terakhir yang berhasil mendapatkan sertifikasi Gold dari RIAJ. Capaian itu diraih RM cs lewat album ‘Love Yourself: Tear’. Sementara tiga lagu berbahasa Jepang mereka: Chi, Ase, dan Namida, serta Face Yourself (berbahasa Korea) masing-masing mendapatkan sertifikat Platinum.

Baca juga: Saling Unggah Foto Bersama, Ivan Gunawan & Ayu Ting Ting Didoakan Berjodoh

Sementara lagu MIC Drop, DNA, dan Crystal Snow masing-masing mendapatkan Double Platinum. Walaupun ini menjadi kali keempat bagi BTS mendapatkan sertifikasi RIAJ, namun ‘Love Yourself: Tear’ menjadi album Korea pertama mereka yang berhasil mendapatkan sertifikat Gold dari RIAJ.

Sekadar informasi, untuk bisa mendapatkan sertifikasi emas dari RIAJ, penjualan lagu dan album harus mencapai 100.000 kopi. Sementara untuk lagu dan album yang mendapatkan sertifikasi Platinum, penjualannya harus mencapai 250.000 kopi dan 500.000 kopi untuk Double Platinum.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini