nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lewat Konser "Intimate", Kotak Kenalkan Single Baru Masih Ada

Hana Futari, Jurnalis · Senin 23 Juli 2018 16:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 23 33 1926147 lewat-konser-intimate-kotak-kenalkan-single-baru-masih-ada-rSZGijBd3d.jpg Kotak (Foto: Okezone)

JAKARTA – Grup band Kotak akan menggelar konser intimate bertajuk Kotak Masih Ada, Selasa 24 Juni 2018. Konser yang akan dilangsungkan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzunki, Cikini, Jakarta Pusat ini akan memperkenalkan single terbaru mereka dengan judul yang sama, yakni Masih Ada.

Dalam menulis lagu tersebut, Tantri merasakan sebuah perjalanan spiritual. Hal ini lantas ia implementasikan melalui lirik-lirik di lagu tersebut, salah satunya bagian reff yang berbunyi ‘Ku ingin kamu, ingin menebusmu’.

 

Bagi Kotak sendiri, kesuksesan bermusik diartikannya sebagai jalan hidup. Mereka berpikir akan selalu menghidupi musik dan hidup menghidupi mereka. Tantri, Chua, dan Cella pun percaya di setiap karya mereka terdapat roh yang menghidupinya.

Pemaknaan tersebutlah yang mendasari Tantri untuk menulis lirik lagu Masih Ada. Lagu tersebut sendiri berasal dari hasil jamming Tantri, Chua, Cella dan Pay. Sebuah lirik pun diucapkan Tantri secara spontan yakni ‘hidup sekali, mati sekali harus berarti’. Lirik itu ternyata menjadi jawaban atas penampilan barunya saat ini.

Lagu Masih Ada merupakan jeritan amarah, kegelisahan serta jawaban atas pertanyaan terkait keberadaan grup band beraliran rock ini. Meskipun demikian, mereka menekankan jika bermusik bukanlah ajang pembuktian namun merupakan sebuah tujuan untuk menunjukkan bahwa grup band mereka masih ada dan akan terus ada.

Dalam konser intimate itu, juga dimeriahkan Rahmania Astrini, Tri Soul, kemudian Shae yang akan membawakan lagu Kotak dengan karakter mereka.

Grup Band Kotak sendiri terbentuk sejak 27 September 2004 dalam acara The Dram Band di tahun yang sama. Saat itu, Doddy Kahitna selaku produser dari Kotak mengadakan sebuah audisi untuk membuat sebuah band baru.

Saat itu terpilihlah Cella pada gitar, Icez sebagai gitaris, Pare pada vokal serta Posan sang penggebu drum. Dengan formasi tersebut, mereka merilis album pertama yang bertajuk Kotak. Beberapa lagu yang terkenal dari album tersebut berjudul Hilang, Terbang, Kau Pilih Dia, Damai di Hati serta Saat Kau Jauh.

(Baca Juga: Rafathar Sabet 2 Penghargaan dalam Mom and Kids Awards 2018)

(Baca Juga: Putra Nikita Mirzani Jalani Operasi, Sakit Apa?)

Di akhir tahun 2006, Pare sang vokalis memutuskan untuk hengkang dari band yang sempat digawanginya selama 2 tahun. Posisi Pare pun digantikan oleh Tantri. Meskipun mengaku sempat canggung saat bergabung dengan band ini, namun ia dapat membuktikan bahwa dirinya sukses membawakan lagu-lagu dari Kotak.

Hengkangnya Pare kemudian dibuntuti oleh Icez. Kemudian posisi Icez sempat digantikan oleh Nissa Hamzah yang kini merupakan personesl Omelette. Hingga suatu hari, manajer Band Kotak tertarik dengan permainan bass Chua dan kemudian merekrutnya. Dengan formasi yang baru, mereka pun merilis album kedua yang bertajuk Kotak Kedua di tahun 2008.

Formasi band yang baru itu ternyata membawa kesuksesan untuk Kotak. Mereka pun dapat lebih leluasa dalam mengepakkan sayapnya di industri musik Tanah Air.

Sukses dengan album Kotak Kedua, Kotak pun kembali merilis album ketiga yang berjudul Energi. Dalam album ini terdapat beberapa hits single seperti Pelan Pelan Saja, Selalu Cinta dan Cinta Jangan Pergi. Album Kotak disambut baik oleh masyarakat. Hal ini Dibuktikan dengan berhasil meraih album terbaik versi Anugerah Planet Musik 2011 dan memborong empat penghargaan dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2011.

Melanjutkan kesuksesan yang dicapai oleh Energi, 11 Agustus 2011 mereka pun menulis ulang album tersebut menjadi Energi (Repackaged) dengan menambahkan 4 buah lagu baru yang tak kalah hits yakni Tendangan Dari Langit, Lupa Ingatan, Apa Bisa dan Menembus Cahaya.

Kotak, Foto: Instagram

Pada 8 Maret 2011, Drummer mereka, Posan memutuskan untuk meninggalkan band yang telah membesarkan namanya selam 7 tahun. Grup musik tersebut pun hanya tersisa Tantri, Cella dan Chua.

Di akhir tahun 2012, Kotak kembali meluncurkan sebuah album kompilasi yang bertajuk Terbaik. Album ini berisikan sembilan single pilihan dari dua album sebelumnya. Selain itu, empat buah lagu baru juga terdapat di album ini.

Maret 2014, Kotak kembali menunjukkan eksistensinya dengan merilis sebuah album yang berjudul Never Dies. Dalam album ini terdapat banyak lagu andalan, salah satunya adalah Perfect Love.

Selama 14 tahun berkarya di industri musik Tanah Air, Kotak berhasil meraih puluhan penghargaan. Pencapaian terbarunya yakni dinobatkan sebagai Grup Band Rock Terbaik dalam ajang Jawa Post Award di tahun 2016. Sebelumnya, mereka juga memenangkan 4 Multi Platinum Atas Penjualan Album sebanyak 120.000 dalam jangka 1 bulan di tahun 2015. (ade)

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini