nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sophia Latjuba Jadi Kontroversi Enggan Dipanggil "Mbak"

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 01:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 07 33 1869438 sophia-latjuba-jadi-kontroversi-enggan-dipanggil-mbak-Pm5b1xMTKJ.jpg Sophia Latjuba (Foto: Instagram)

JAKARTA - Sophia Latjuba kembali jadi sorotan netizen. Usai berfoto memakai kebaya belum lama ini, Sophia kini menimbulkan kontroversi lewat pernyataannya di Instagram.

- Baca Juga: Gara-Gara Pakai Kebaya, Sophia Latjuba Dikira Jadi Pengantin

Kali ini, Sophia Latjuba memposting tulisan yang memuat keberatannya dengan sebutan khas Indonesia. Ia mengaku tak nyaman saat seseorang menyebutnya dengan panggilan 'ibu', 'mbak', atau 'tante'.

"Hanya anak-anak saya yang boleh memanggil saya ibu. Dan tolong jangan mulai (memanggil) saya bunda. Kecuali saya adalah saudara perempuan ayah atau ibumu, tolong menahan diri untuk (tidak memanggil) tante juga. Terima kasih," ungkap Sophia dalam postingannya, yang ditampilkan ulang oleh salah satu akun gosip di Instagram.

 

Dalam lanjutannya, Sophia Latjuba mengatakan dirinya sama sekali tidak keberatan andai seseorang langsung menyebut nama tanpa memakai sebutan khas Indonesia. Bagi Sophia, cara untuk menunjukkan rasa hormat tidak harus diutarakan lewat sebutan itu.

"Menghargai dan respect itu datang dari manners dan perilaku kita, bukan dari imbuhan nama," lanjutnya.

"Jika saya bertemu seseorang untuk pertama kalinya, saya selalu bertanya kepada orang itu bagaimana ia ingin dipanggil. Saya tidak masalah untuk dipanggil Sophia (karena itu nama saya) atau Nyonya Latjuba untuk pertemuan formal. Hanya mengungkapkan pendapat," kata Sophia lagi, yang dalam versi aslinya memakai bahasa Inggris.

Keberadaan postingan tersebut langsung memancing netizen untuk berkomentar. Sebagian besar dari mereka menganggap Sophia Latjuba tidak bisa beradaptasi dengan budaya Indonesia.

"Yah, mbak cantik ini lupa kalau tinggal di Indonesia. Enggak usah sebegitu bapernya keleus ada yang manggil bunda, tante dan sebagainya. Itu penghormatan. Justru karena orang itu respek sama anda," kata netizen.

- Baca Juga: Antara Akting dan Menyanyi, Sophia Latjuba Ungkap Beda Honor

Namun, ada pula netizen yang memberikan pembelaan pada Sophia Latjuba. Mereka menganggap Sophia jauh lebih nyaman dengan budaya Barat, yang dikenal tidak memakai sebutan tambahan saat berinteraksi dengan orang lain.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini