Lomba Nyanyi Lagu Anak Sambut Peringatan Hari Musik Nasional 2018

Edi Hidayat, Jurnalis · Sabtu 03 Maret 2018 23:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 03 205 1867576 lomba-nyanyi-lagu-anak-sambut-peringatan-hari-musik-nasional-2018-gzduuhTgtG.jpg Para Juri Lomba Nyanyi Anak (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional (HMN) 2018, DPD PAPRI DKI Jakarta Raya menggelar Lomba Nyanyi dan Cipta lagu anak di Jakarta.

Tiga orang juri yang dipilih merupakan perwakilan dari beberapa unsur musik seperti Dina Mariana (Mantan penyanyi cilik era 80an), Tika Bisono (Penyanyi dan Psikolog) dan Bens Leo (pengamat musik).

"Kalau ditanya soal lomba ini tentu saya seneng banget, saya sendiri juga pernah menggelar ajang cipta lagu anak ACILA, ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap kelangsungan lagu-lagu anak. Mungkin yang perlu dikoreksi tentang pengkategorian umur dan pemilihan lagu kalau menurut saya, soalnya anak umur 5 tahun tentu belum bisa menyanyi dengan notasi atau lagu yang kesulitannya lumayan tinggi, seperti adanya offertune misalnya," kata Tika Bisono di Jakarta, Sabtu (3/3/2018).

Baca Juga: Anugerah Komponis Indonesia Semarakkan Gaung Hari Musik Nasional

Sementara itu ditempat yang sama, composer kondang yang kini bermukim di Amerika Serikat James F.Sundah mendukung terlaksanannya kegiatan tersebut. Menurutnya, lagu anak-anak kini sudah mulai hilang, sehingga ajang lomba tersebut diharapkan bisa menjadi awal dari kebangkitan musik anak.

"Kita sebenarnya prihatin dengan hilangnya lagu anak-anak, kita lihat aja, sekarang anak anak nyanyi lagu orang dewasa, miris kan? 15 Tahun lalu saya berada di sini untuk acara yang sama, bahkan kala itu Mike Mohede masih pakai celana pendek SMP, kalau nggak salah. Kemudian ada Rian dMasive yang sekarang sudah menjadi penyanyi terkenal," jelas James.



Ajang yang diikuti sekira 160 peserta itu rencanannya akan berlangsung selama tiga hari (3-4 Maret). Acara tersebut juga dibuka oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Triawan Munaf.

"Lomba seperti ini sebetulnya sudah ada sejak lama, dan inilah yang menghidupkan musik anak-anak, bahkan Bapak Presiden sekitar 3 atau 4 bulan yang lalu khusus telefon kepada saya meminta agar ada satu gerakan untuk menaikkan dan mengidupkan kembali lagu anak dan film anak," kata Triawan.

Baca Juga: Yeay, Raisa Raih Hadiah Spesial dari Presiden Jokow

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini