nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BAFTA 2018 Dapuk Film Erotis Korea Ini sebagai Proyek Berbahasa Asing Terbaik

Nadya Rima Damayanti , Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 17:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 19 206 1861617 bafta-2018-dapuk-the-handmaiden-sebagai-film-berbahasa-asing-terbaik-PdHPBD8Icw.jpg The Handmaiden. (Foto: Hancinema)

LONDON – Untuk pertama kali, film Korea masuk dan memenangkan penghargaan British Academy Film Awards (BAFTA) 2018.

Adalah The Handmaiden, film arahan Park Chan Wook, yang sukses memboyong pulang trofi Film Berbahasa Asing Terbaik BAFTA 2018. Ajang tahunan itu digelar di Royal Albert Hall, London, Inggris, pada Minggu malam (18/2/2018).

Baca juga: Kim Tae Ri Akan Bermain dalam Drama Terbaru Penulis Goblin

Dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik, The Handmaiden sukses menyingkirkan sejumlah pesaing tangguh lainnya. Elle (Perancis) karya Paul Verhoeven, First They Killed My Father (Kamboja) besutan Angelina Jolie, Loveless (Rusia) arahan Andrey Zvyagintsev, serta Salesman (Iran) milik Asghar Farhadi adalah beberapa di antaranya.

Sayangnya, para kru dan pemain The Handmaiden tak dapat naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan tersebut. Selain BAFTA 2018, Yonhap News melaporkan, The Handmaiden juga sempat masuk dalam nominasi Festival Film Cannes pada 2016.

Film thriller-erotis itu juga meraih trofi Film Asing Terbaik dan Desain Produksi Terbaik dari Los Angeles Film Critics Association (LAFCA) pada Desember 2016. Di negara asalnya, film ini juga mendapatkan pengakuan yang cukup positif.

The Handmaiden bahkan menghantarkan Kim Tae Ri memenangkan trofi Aktris Terbaik dalam Busan International Film Festival. Ia juga memborong tiga piala pada Blue Dragon Film Awards 2016.

Film ini diadaptasi dari novel bersetting era Victoria berjudul Fingersmith karya penulis Inggris, Sarah Waters. Berbeda dengan novelnya, film ini menampilkan setting era pendudukan Jepang di Korea Selatan.

Ia bercerita tentang seorang perempuan kaya asal Jepang bernama Lady Hideko (Kim Min Hee) yang dinikahi Count Fujiwara (Ha Jung Woo). Niat Fujiwara menikahi Hideko adalah untuk mengambil alih semua kekayaannya. Dia kemudian menyewa seorang pencopet bernama Sook Hee (Kim Tae Ri) yang berasal dari keluarga penipu untuk menjadi pelayan Hideko.

Baca juga: Kim Tae Ri Masuk dalam Jajaran Aktor Muda Korea yang Bakal Bersinar di 2018

Sook Hee dan Hideko kemudian memiliki hubungan yang sangat dekat. Hideko bahkan mengizinkan pelayannya itu untuk mengenakan gaun mahal dan perhiasannya. Kedekatan itu bahkan membuat keduanya saling jatuh cinta yang berujung pada cinta terlarang.

Selain Kim Tae Ri, film yang pertama kali dirilis pada Festival Cannes pada 14 Mei 2016 ini, juga dibintangi oleh sejumlah aktor kawakan. Ha Jung Woo, Jo Jin Woong, dan Kim Min Hee adalah beberapa di antaranya.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini