Meichan Dapat Pengalaman Luar Biasa Usai Sambangi Pemukiman Kumuh

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 02 33 1853790 meichan-dapat-pengalaman-luar-biasa-usai-sambangi-pemukiman-kumuh-kuA3n0CAUE.jpg Meichan (Foto: Okezone)

JAKARTAMeichan Munos alias Dita Anggraeni, mantan rekan Maia Estianty di duo MAIA, merasa kunjungannya ke kawasan kumuh di kawasan Kampung Sawah, Jakarta Utara memberinya banyak pelajaran. Ia pun jadi sadar kebutuhan hidupnya lebih rumit namun lebih remeh daripada kebutuhan-kebutuhan penduduk di sana.

Momen-momen kunjungan itu disebarkannya di Instagram belum lama ini. Dalam serial berisikan empat foto, ia menunjukkan keadaan serba kotor yang harus dihadapi penduduk setempat, mulai dari berserakannya sampah di berbagai tempat, seorang anak yang harus tidur di gunungan kantong sampah, dan momen kebersamaannya bersama penduduk di sana.

Baca juga: Lagu "Berdua" Duo Maia Mirip "Halo"-nya Beyonce

Menurut Meichan, banyak yang belum dipelajari masyarakat pada umumnya mengenai kemiskinan, tempat kumuh, dan gaya hidup yang sama sekali tidak sehat saat berada di sana. Karena tidak pernah mengalami hal tersebut, ia pun mendapat pelajaran dan mengimbau orang-orang dengan status ekonomi yang lebih tinggi untuk belajar tentang kehidupan di sana. Meichan sempat juga mengimbau masyarakat agar berhenti sejenak dari ketertarikan mereka terhadap tempat-tempat, kesan, dan barang-barang yang terkesan fancy.

“Pengalaman yang luar biasa mengunjungi Kampung Sawah di Jakarta Utara.. dari datang sampai pulang terlalu banyak pelajaran hidup yang saya dapat.. mereka tinggal dan tidur sama sampah, lalat dan asap pembakaran sampah. Kalau hujan, banjir. Mereka kesusahan mikir makan apa hari ini sedangkan saya masih musingin hal-hal kecil yang enggak penting kalau di-compared sama masalah hidup mereka.,” tulis Meichan dalam caption.

"Menurut saya tiap orang kalau bisa melakukan kunjungan ke tempat-tempat seperti ini.. jujur saja sama rasa yang di-“rasa”, saya yakin pulang dari sini semua org dapat banyak pengalaman “rasa” itu tadi.. jangan liburan yang fancy-fancy terus, sekali-sekali coba datang, karena ini pengalaman luar biasa dan ada manfaatnya buat kita sendiri dan orang lain,” lanjutnya.

Baca Juga: Mey Chan Pindah ke Luar Negeri, Duo Maia Bubar?

Lantas, apa yang membuat Meichan ingin mengunjungi tempat tersebut? Rupanya, ia ingin benar-benar bertindak setelah seringkali menyumbang untuk amal. Ini pun dapat dikatakan pertama kalinya ia mengunjungi daerah kumuh. Karenanya, pesan Meichan tersebut menuai pujian dari netizen.

“Aku biasanya bantu transfer uang aja. Enggak tahu kenapa, 2018 kan orang punya resolusi, jadi kepikir jangan cuma transfer aja, harus ada action. Dan yang aku dapat itu pelajaran luar biasa banget sih,” tutur Meichan pada Obsesi GTV, tayang Jumat (2/2/2018).

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini