Dik Doank Didik Anak dengan Cara Jadikan Sahabat

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 22 33 1848645 dik-doank-didik-anak-dengan-cara-jadikan-sahabat-3Z7rWq12Gk.jpg Dik Doank (Foto: Ria/Okezone)

JAKARTA - Dik Doank punya cara khusus untuk mendidik anak-anaknya khususnya dalam hal agaka. Ia tampak tidak ingin membuat hubungannya dengan para buah hatinya canggung sehingga memilih menjadi sahabat dari pada seorang guru yang kaku dan berjarak.

Menurut Dik Doank, putra putrinya akan terus membutuhkan kehadirannya di setiap waktu. Presenter berusia 49 tahun tersebut pun ingin terus memiliki waktu luang untuk berbagi segala pembelajaran hidup yang lebih dulu ia dapatkan.

"Ya ayah kan seorang teladan ya saya sih dari pada menjadi penceramah bagi anak-anak lebih baik menjadi temen mainnya dia. Teman sama-sama belajar, teman sebagai kekasih atau sahabatnya, sehingga nanti saling melengkapi. Ketika dia berkeluarga nanti kehilangan teman mainnya, teman belajarnya, juga sahabat sejatinya," ujarnya di Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Senin (22/1/2018).

Baca Juga: Belum Kantongi Izin Poligami, Dik Doank Tak Bisa Gelar Resepsi

Lebih lanjuta Dik Doank menjelaskan bahwa keilmuannya di bidang agama yang dimiliki saat ini jauh dari kata sempurna. Tak heran, suami dari Myrna Yuanita tersebut pun menganggap anak-anaknya sebagai salah satu tempat untuk belajar.

Dik Doank berharap segala kebaikan yang dilakukan bisa juga dilanjutkan tiga putra putrinya. Dengan demikian, maka keluarga kecil yang ia bangun selama ini akan terus terjaga dari sesuatu yang tidak baik.

"Jadi kalau soal agama itu memperhatikan diri ku dulu deh. Salat 5 waktu dulu yang benar, karena sudah pasti Abdullah dan Aminah itu melahirkan Rasulullah dan orang sholeh dan sholehah bertemu karena dalam filsafat agama. Anak sholeh itu dilahirkan dari orangtuanya yg sholeh dan sholehah, dari guru-gurunya yang sholeh dan sholehah, dari lingkungannya juga yang baik, sakinah mawadah warahmah penuh cinta dan kasih, maka keluarganya akan bisa mewadahi rumah dan lingkungannya nanti," jelasnya.

"Makanya nanti keluarganya dapat warahma, pancaran cahaya langsung dari Allah dan aku juga bukan orang yang pusing-pusing kaya ginian, dan aku juga bukan musingin anak. Anak kan hubungannya sama Allah nanti jadi pahala, maka ketika saya sayang sama anak saya maka wujudnya adalah menyayangi anak-anak orang lain, dengan begitu niscaya nya adalah anak saya akan dijaga langsung oleh Allah tanpa perantara sebagaimana pohon tinggi lalu mereka hidup berdampingan dan saling bermanfaat," tambah pemain film Ikhsan: Mama I Love You tersebut.

Dik Doank resmi mempersunting Myrna Yuanita pada 1993. Ia dikaruniai tiga orang anak yang sudah mulai tumbuh dewasa.

Baca Juga: Dua Istri Dik Doank Tinggal Terpisah

Terkait pergaulan putra putrinya, Dik Doank tidak merasa resah atau khawatir. Pria bernama lahir Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma ini yakin anak-anaknya akan tumbuh secara baik sesuai dengan amalan yang dilakukan olehnya 

"Aku salat, kamu salat, aku puasa kamu puasa, kenapa kita bisa khawatir, sedekah juga kamu juga, tapi kenapa kita khawatir, jadi semuanya seperti rangkaian pohon. kita sedang menabur benih, menyirami, tumbuh. Ada pohon yang gersang, ada pohon yang rindang, ada pohon yang tumbuh banyak, kenapa bisa begitu? why? Ternyata pohon itu analogis saja. Dia butuh air. Air itu adalah zikir. Kalau orang berenti berzikir, mesti dia khawatir," tutup Dik Doank.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini