nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Kedua Donita dan Adi Menangis Merintih, Alasan Dokter Bawa ke Ruangan NICU

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 21:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 13 33 1844560 anak-kedua-donita-dan-adi-menangis-merintih-alasan-dokter-bawa-ke-ruangan-nicu-o4hCEzUIYO.jpg Keluarga Donita dan Adi Nugroho (Foto: Instagram)

JAKARTA - Istilah ruangan NICU mungkin masih terdengar agak asing bagi masyarakat awam. NICU adalah singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit atau sebuah ruangan perawatan intensif khusus untuk bayi (sampai usia 28 hari) dan anak-anak yang memerlukan perawatan dan pengobatan khusus guna mencegah terjadinya kegagalan organ-organ vital.

Istilah NICU santer terdengar ketika Donita melahirkan anak keduanya pada hari Kamis 11 Januari 2018. Anak laki-laki bernama Parvaiz Farezell Shaquill Nugroho tersebut harus dibawa ke NICU untuk diobservasi lebih lanjut oleh tim dokter.

Dr Ricky Permadi, selaku dokter yang menangani persalinan kedua Donita, akhirnya menjelaskan mengapa Parvaiz harus dibawa ke NICU.

(Baca Juga: Tulis Lagu Baru, Isyana Sarasvati Dibantu Musisi Asal Swiss)

(Baca Juga: Sutradara Boys Over Flower Tewas Tertabrak Mobil)

“Iya kemarin kan lahir bayinya cukup besar 2,9 kilogram untuk anak laki-laki. Cuma waktu lahir itu dia nangisnya enggak lepas, nangisnya enggak kuat, masih merintih. Kalau begitu tuh kita nggak bisa biarin. Makanya kita cepat-cepat untuk ambil tindakan bawa ke NICU. Tim NICU-nya kita juga sudah siap. Jadi kita bantu dengan alat sebentar, karena penanganan cepat terus bisa keluar besoknya. Jadi, cuma sehari proses adaptasi aja sih. Memang itu lebih sering kepada bayi yang lahir caesar ya,” papar sang dokter yang menemani pasangan Adi dan Donita dalam konferensi pers yang berlangsung di RSIA Brawijaya, Sabtu (13/1/2018).

Proses persalinannya sendiri, diakui oleh Donita, berjalan lancar dan cepat. Sama seperti saat melahirkan anak pertamanya, Donita kembali harus menjalani proses caesar di persalinan kedua ini.

Namun, Donita mulai mencium ada sesuatu yang tidak beres dengan bayi keduanya pasca-melahirkan. Parvaiz tidak langsung dibawa ke pangkuannya sesaat setelah dilahirkan ke dunia.

“Prosesnya sih cepat Alhamdulillah, santai banget deh karena dokternya juga sudah kenal. Santai banget malah bercanada-canda. Pas udah lahir gitu, kalau sama Svarga bayinya kan dibawa ke aku, yang ini agak bingungnya pas habis lahir terus semua sibuk kan ngurus bayi segala macam. Aku kan masih dianastesi dan cuma dibilang selamat ya bayinya tampan,” tambahnya.

Setelah mendapat penjelasan dari sang dokter, Donita pun akhirnya bisa sedikit tenang. Ia lalu mengunjungi sang buah hati yang ada di ruang NICU.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini