Image

Goblin Jadi Program TV dengan Peringkat CPI Tertinggi di 2017

Asa Pratiwi, Jurnalis · Rabu 03 Januari 2018 18:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 03 206 1839539 goblin-jadi-program-tv-dengan-peringkat-cpi-tertinggi-di-2017-WjG2jhHnrO.jpg Goblin. (Foto: tvN)

SEOUL – Pada 2 Januari 2018, CJ E&M bersama Nielsen Korea merilis peringkat Indeks Kekuatan Konten (CPI) program televisi sepanjang 2017. Peringkat CPI dinilai dari tingkat kepopuleran sebuah konten televisi.

Tak hanya itu, indeks juga diukur dari popularitas sebuah program TV berdasarkan jumlah pembaca berita-berita terkait, kata kunci pencarian, dan mention di media sosial. Berdasarkan data itu, maka Guardian: The Lonely and Great God (Goblin) memimpin peringkat CPI dengan 352,6 poin.

Menampilkan chemistry apik antarpemain, plot menarik karya Kim Eun Sook, Goblin juga ditopang setting dan sinematografi memukau. Dalam Baeksang Arts Awards ke-53, Kim Eun Sook bahkan meraih Grand Prize untuk karyanya tersebut, sementara Gong Yoo meraih Best Actor.

(Baca juga: Beautiful Laris Berkat Goblin, Crush Terharu)

Goblin juga tercatat sebagai drama dengan rating tertinggi kedua dalam sejarah TV kabel. Nielsen mencatat, drama 20 episode itu meraih rating tertinggi sebesar 18,68 persen, hanya 0.123 persen di bawah Reply 1988.

Peringkat kedua diisi oleh Produce 101 Season 2 dengan 288,5 poin. Ajang pencarian bakat idol baru itu melibatkan 101 trainee dari 51 agensi hiburan. Sepanjang penayangannya, masyarakat dilibatkan dalam pemilihan konsep, lagu debut, dan nama grup. Maka pada 16 Juni 2017, acara ini melahirkan Wanna One yang berada di bawah naungan YMC Entertainment.

Boy band dengan 11 personel itu kemudian debut dengan album extended play '1x1=1 (To Be One)' pada 8 Agustus 2017. Sekitar 4 bulan kemudian, Kang Daniel Cs kembali merilis album repackaged bertajuk '1-1=0 (Nothing Without You)' dengan single andalan, Beautiful.

Tahun lalu, MAMA 2017 memilih mereka sebagai Best New Male Artist dan Best Male Group, sementara Billboard menyematkan gelar Best New K-Pop Act kepada mereka.

Di peringkat ketiga, ditempati oleh drama Romantic Doctor, Teacher Kim dengan 248 poin. Drama yang berkisah tentang dunia medis itu merupakan kolaborasi apik sutradara Yu In Sik dan penulis skenario Kang Eun Kyung. Sepanjang penayangannya, drama tersebut berhasil meraih rating tertinggi sebesar 27,6 persen.

(Baca juga: Kang's Kitchen Pimpin Peringkat CPI Dua Minggu Berturut-turut)

Menampilkan akting ciamik Han Suk Kyu, Seo Hyun Jin, dan Yoo Yeon Suk, Romantic Doctor, Teacher Kim berkisah tentang seorang ahli bedah bernama Boo Yong Joo yang mengasingkan diri setelah terkena kasus malpraktik.

Dalam masa pengasingan itu dia bekerja di sebuah rumah sakit kecil di Provinsi Gangwon yang membawanya bertemu dua ahli bedah muda bertalenta lain: Yoon Seo Jong dan Kang Dong Joo.

Selain ketiga program di atas, Defendant dan The Legend of the Blue Sea juga sukses menembus peringkat keempat dan kelima. Sementara peringkat keenam dan ketujuh diisi oleh Chief Kim dan Hwarang. Untuk tiga posisi buncit ditempati oleh Fight For My Way, Youn’s Kitchen, serta Missing 9.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini