Share

Hijrah Tanpa Paksaan, Sunan Kalijaga Minta Taqy Malik Bimbing Putrinya

Adiyoga Priambodo, Okezone · Jum'at 22 Desember 2017 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 22 33 1834545 hijrah-tanpa-dipaksa-sunan-kalijaga-sempat-minta-taqy-malik-bimbing-putrinya-WZyX10blV4.jpg Taqy dan Salma (Foto: Instagram)

JAKARTA - Keputusan Salmafina Khairunnisa untuk berhijrah rupanya jadi kebanggaan tersendiri bagi sang ayah, Sunan Kalijaga. Pasalnya, langkah yang diambil Alma benar-benar berasal dari kesadaran sendiri dan tanpa paksaan pihak mana pun.

"Bukan karena dia anak saya ya, tapi saya sangat mengapresiasi, sangat respect dengan keputusan dia," kata Sunan Kalijaga di kawasan Senayan, Jakarta Selatan belum lama ini.

"Di usia 18 tahun, di mana dia yang boleh dikatakan anak gaul zaman now, tanpa suruhan dan tanpa bentakan, dengan kesadaran diri untuk berhijrah, mengenakan hijab berbusana muslim," lanjut Sunan.

 

(Baca Juga: Sama-Sama Ingin Cerai, Taqy dan Salma Ajukan Berkas ke Pengadilan)

(Baca Juga: Foto Jadul Jennifer Dunn Diunggah Shafa Harris)

Yang lebih mengejutkan, keputusan hijrah Alma ternyata dilakukan sejak ia belum mengenal dan berhubungan dengan pria yang kini jadi suaminya, Taqy Malik. "Toh Taqy juga enggak mungkin mau sama anak saya kalau masih pakai baju yang kurang bahan," ungkap Sunan Kalijaga.

Oleh karenanya, Sunan mengaku sempat meminta Taqy untuk membimbing putrinya untuk memperdalam ilmu agama. Bagi Sunan, sosok Taqy yang dibekali ilmu agama tinggi dirasa sudah tepat untuk menambah pengetahuan Alma yang masih sangat minim.

"Saya sudah bilang sama Taqy. Saya bilang, 'Taqy kamu tuh seorang pemimpin, seorang suami, jangan pernah menyerah ya nak. Saya juga memberikan anak saya karena janjinya Taqy," pungkas Sunan Kalijaga.

Sayang, harapan Sunan Kalijaga pupus usai Taqy mentalak cerai putrinya lewat sambungan telepon atas alasan perbedaan prinsip. Hal inilah yang kemudian jadi salah satu pertimbangan Alma mendaftarkan gugatan cerainya dengan Taqy di Pengadilan Agama Jakarta Barat.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini