nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Patenkan Lagu di Jerman, Sandhy Sondoro: di Sana Semua Jelas, di Sini Enggak!

Sumarni, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 10:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 28 205 1821748 patenkan-lagu-di-jerman-sandhy-sondoro-disana-semua-jelas-disini-enggak-Gn9UXid5oU.jpg Sandhy Sondoro (Foto: Sumarni/Okezone)

JAKARTA - Kesejahteraan musisi Tanah Air masih terus dipertanyakan. Mengenai hak cipta maupun royalti hingga detik ini pun belum juga menemui titik terang. Tak heran apabila Sandhy Sondoro memilih mematenkan seluruh lagunya di Jerman.

- Baca Juga: Kesal Teman Dihina, James Cameron Akui Hampir Pukul Harvey Weinstein dengan Piala Oscar

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh pria 43 tahun ini kepada Okezone saat dijumpai di Komplek MNC Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Semua dari lagu-lagu saya, saya patenkan ke Jerman," ucap Sandhy.

Pelantun Tak Pernah Padam ini sengaja memilih Jerman sebagai negara yang melindungi karyanya sebenarnya bukan tanpa alasan. Ketimbang di Indonesia, Sandhy menilai di sana lebih menjanjikan masa depan yang gemilang bagi para musisi.

Pasalnya, penghasilan royalti dari karya-karyanya itu pun masib bisa terus diturunkan kepada anak cucu meskipun kelak ia sudah tiada.

"Karena Jerman peraturannya jelas, sistem jelas, mohon maaf. Misalkan saya wariskan ke anak saya, anak saya akan mendapatkan uang royaltinya. Indonesia semua enggak jelas. Jadi yang jelas-jelas saja," sambungnya.

Sayangnya tidak semua orang bisa mematenkan karya di Negara Adolf Hitler seperti Sandhy. Pria yang mengawali karier sebagai penyanyi jalanan di Berlin, Jerman ini menjelaskan perlu mempunyai visa seumur hidup juga status warga kehormatan seperti dirinya.

"Oh enggak para musisi bisa mematenkan di Jerman. Kalo di sana saya memang punya visa seumur hidup dan gelar khusus, makanya saya bisa mendaftarkan diri di sana. Kalo saya bukan warga negara enggak bisa," imbuhnya.

- Baca Juga: Quality Time Bersama Ibunda, Luna Maya Rencanakan Liburan Akhir Tahun

Kendati demikian, Sandhy tegaskan tetap konsisten berkarya di dunia musik Indonesia. Dalam waktu dekat pun, personel Trio Lestari ini hendak meluncurkan album baru. Jika tak ada halangan, album Sandhy akan dirils pada 2018.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini