Image

Setelah KARD, Giliran BTS Alami Pelecehan Rasial di Amerika Selatan

Nur Kurniawati Ijabah , Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 21:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 205 1814095 duh-bts-alami-pelecehan-rasial-oleh-acara-tv-kolombia-MbKc5GHOKa.jpg BTS. (Foto: Big Hit Entertainment)

SEOUL – Ada kabar kurang menyenangkan dari BTS. Setelah menghiasi media dengan berbagai prestasi di tingkat internasional, boy band besutan Big Hit Entertainment itu tersandung kasus pelecehan rasial.  

Seperti dikabarkan Koreaboo, BTS mengalami hal tak menyenangkan saat presenter acara televisi Kolombia bertajuk Dia a Dia memperkenalkan lagu DNA. Presenter itu terlihat menyipitkan mata dengan bantuan kedua tangannya.

Baca juga: Terlalu Panjang, Rap Monster "BTS" Ganti Nama Panggung Jadi RM

Kejadian ini terjadi hanya selang beberapa hari setelah pemain bola Kolombia, Edwin Cardona, membuat gestur serupa terhadap tim sepak bola nasional Korea. Hal itu, membuat fans BTS marah.

Banyak orang mendukung BTS di kancah internasional. Tapi saya tidak yakin kita bisa menyelesaikan masalah rasial seperti ini. Apa yang terjadi adalah gambaran bagaimana acara televisi di Kolombia. Tentang bagaimana orang Kaukasian berperilaku rasis terhadap BTS. Saya berharap orang-orang bisa melihat seseorang dari karya mereka, bukan warna kulit mereka,” kicau salah satu netizen di Twitter.

Baca juga: Daebak! BTS Lambungkan Danger ke 100 Juta Viewer di YouTube

Fans BTS di Kolombia meminta maaf atas kejadian tersebut. Mereka menilai, program itu kurang pemahaman tentang kebudayaan Asia. BTS Kolombia menuturkan, “Di negara kami, membicarakan kebudayaan Asia sangatlah tidak umum dan sayangnya cara mereka untuk mengenal adalah dengan cara menyinggung.”

Fan club BTS itu menambahkan, “Kami bekerja keras untuk lebih mengenal kebudayaan Asia dan kami akan menunjukkan kepada mereka dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa hormat.

Baca juga: Setelah Ellen DeGeneres Show, BTS Juga Akan Tampil di Jimmy Kimmel Live

Ini memang bukan kasus pertama grup idol Korea menghadapi isu rasial di televisi Amerika Selatan. Pada awal 2017, KARD muncul di Turma Do Vovo Raul Brasil. Pada acara itu, pembawa acara juga melakukan gerakan serupa seperti yang terjadi di Kolombia.

Sampai saat ini, stasiun televisi dan tim produksi Dia a Dia belum mengeluarkan pernyataan resmi atau permintaan maaf terkait kejadian tersebut.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini