Berkas Belum Rampung, Sidang Tuntutan Axel Matthew Thomas Ditunda

Sumarni, Jurnalis · Rabu 18 Oktober 2017 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 18 33 1797858 berkas-belum-rampung-sidang-tuntutan-axel-matthew-thomas-ditunda-XyR8QynVXs.jpg Axel Matthew Thomas di persidangan (Foto: Sumarni/Okezone)

JAKARTA - Pihak jaksa penuntut umum (JPU) diagendakan membacakan tuntutan terhadap terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika, Axel Matthew Thomas. Namun, sidang yang digelar pada Rabu (18/10/2017) diputuskan ditunda.

Pasalnya, JPU belum merampungkan berkas yang berisi tuntutan untuk Axel dan kawan-kawan. Pihak JPU meminta waktu selama satu pekan kepada Majelis Hakim guna menyelesaikan tuntutan.

(Baca Juga: Ucapkan Bela Sungkawa untuk Kiper Choirul Huda, Tangis Mantan Personel Trio Macan Pecah)

(Baca Juga: Ada Adegan Pemakaman di Avengers 4, Bukti Ada Kematian di Infinity War?)

"Sebelumnya kami akan memberikan tuntutan tapi di antara sekian banyak terdakwa ini jadi berkas belum dirampungkan soalnya belum selesai kami meminta waktu satu minggu lagi," ujar JPU di persidangan yang diadakan di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten.

Permintaan JPU pun langsung dikabulkan oleh Majelis Hakim. Cukup dimaklumi mengingat terdakwa yang menjalani sidang bersama Axel soal kasus serupa berjumlah tujuh orang.

Dengan demikian, tuntutan Axel akan dibacakan pada 25 Oktober 2017. "Penuntut umum minta waktu selama satu minggu lagi untuk membacakan tuntutan. Oleh karena itu, sidang kembali ditunda," kata Majelis Hakim sembari mengetok palu.

(Baca Juga: Ryan Reynolds hingga Dwayne Johnson, Calon Kuat Bintang Utama Film Pokemon)

(Baca Juga: Kekinian Abis, Band Wali Siap Luncurkan Single 'Santri Jaman Now')

Sebelumnya, Axel telah didakwa oleh JPU dengan Pasal 61 juncto 71 ayat 1 dan Pasal 60 ayat 5 juncto 69 UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika. Ia diancam hukuman maksimal tiga tahun penjara.

Seiring dengan sidang yang bergulir selama beberapa pekan dengan keterangan sejumlah saksi yang dihadirkan, bisa jadi tuntutan JPU hari ini akan lebih berat atau malah lebih ringan untuk Axel.

Sebagaimana diketahui, Axel ditangkap oleh petugas Satresnarkoba Polresta Bandara Soekarno Hatta pada 15 Juli 2017 di salah satu hotel di Jakarta Selatan. Dari hasil pemeriksaan, polisi berhasil mengantongi bukti transfer uang senilai Rp1,5 juta dari rekening Axel untuk pembelian happy five.

Dalam keterangan Axel di sidang sebelumnya, pemain Tendangan Dari Langit The Series ini membenarkan bahwa telah memesan happy five kepada kawan dekatnya Paskal Dimitri.

Oleh karena itu, selama proses persidangan berlangsung, Axel sudah mendekam lebih dulu di Lapas Pemuda Tangerang, Banten. Hampir tiga bulan kakak Valerie Thomas ini berada di ruang tahanan.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini