nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Member Pilih Tinggalkan Agensi, Bisakah SNSD Ikuti Jejak Shinhwa?

Selasa 10 Oktober 2017 20:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 10 205 1792837 tiga-member-pilih-tinggalkan-agensi-bisakah-snsd-ikuti-jejak-shinhwa-QN3ihSkDKr.jpg Sooyoung, Seohyun, dan Tiffany (Foto: Koreaherald)

SEOUL – Girls’ Generation atau SNSD menjadi satu dari sedikit grup yang mampu bertahan hingga 10 tahun di industri K-POP. Tapi, kini eksistensi SNSD di dunia musik Korea terancam mendekati akhirnya.

- Baca Juga: LIRIK LAGU: Girls Generation - Holiday

Ketakutan itu muncul tak lain setelah kabar hengkangnya Sooyoung, Seohyun, dan Tiffany dari SM Entertainment. Tiga member SNSD tersebut memilih pergi dari agensi yang mengorbitkan mereka itu setelah kontrak mereka berakhir.

Tiffany disebut-sebut memilih pergi untuk fokus belajar akting dan akan pulang ke kampung halamannya, Amerika Serikat. Sementara itu, Sooyoung dan Seohyun akan memfokuskan karier mreka di dunia akting.

Dilansir KoreaHerald, Selasa (10/10/2017), perginya Tiffany, Seohyun, dan Sooyoung dari SM Entertainment berarti menyisakan lima member SNSD di agensi yang juga menaungi Super Junior tersebut. Taeyeon, Yoona, Yuri, Hyoyeon, dan Sunny memilih untuk memperpanjang kontrak mereka.

Meski trio Tiffany, Seohyun, dan Sooyoung hengkang dari SM Entertainment, tapi hal tersebut tak berarti bubarnya SNSD atau keluarnya mereka bertiga dari girlband pelantun Lion Heart tersebut.

Sejauh ini, SM Entertainment memang belum memberikan komentar resmi terkait masa depan SNSD. Tapi seorang sumber dari orang dalam mengatakan jika SNSD belum bubar, hanya memang akan sulit untuk kedelapan member tampil bersama di bawah naungan agensi yang berbeda.

“Tiga member telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak mereka. SNSD akan tetap menjadi sebuah tim. Tapi soal mereka berada di bawah agensi yang berbeda, keikutsertaan mereka akan jadi sulit. Tapi, para member masih melakukan diskusi soal keputusan apa yang akan dibuat,” tutur sumber.

Namun, bisakah SNSD melewati krisis terbesar yang mereka hadapi dalam 10 tahun kariernya di industri K-POP?

Tak banyak grup yang berhasil bertahan setelah ditinggal membernya atau dengan member yang berada di bawah naungan agensi berbeda.

Sejauh ini, hanya TVXQ saja yang masih bisa tetap berkarya dan mempertahankan nama besar setelah ditinggal tiga orang membernya. Sementara Shinhwa dan G.O.D merupakan contoh grup senior yang masih aktif mengeluarkan karya meski member mereka tersebar di berbagai agensi berbeda.

Shinhwa adalah contoh terbaik untuk kasus ini. Setelah kontrak mereka dengan SM Entertainment berakhir pada 2003, Eric cs memilih tidak memperbarui kontrak dan pergi mencari agensi baru.

Enam member Shinhwa bergabung dengan agensi yang berbeda-beda. Ada yang fokus bernyanyi, ada yang mulai serius menekuni akting. Meski begitu, mereka masih tetap bersatu di bawah nama Shinhwa.

Pada 2011, keenam member bersama-sama membangun agensi mereka sendiri, Shinhwa Company. Di bawah Shinhwa Company, grup yang debut pada 1998 ini melakukan aktivitas grup mereka seperti merilis album, konser, atau tampil di acara TV.

Shinhwa merupakan contoh langka grup yang tetap bisa bertahan selama hampir 20 tahun tanpa ditinggal satu member pun. Hingga saat ini, belum ada grup lain yang bisa menyamai capaian prestasi grup pelantun Venus tersebut.

Jika memungkinkan, SNSD diharapkan mampu mengikuti jejak Shinhwa. Nama besar mereka sebagai salah satu legenda K-POP dan ikatan yang terjalin antar member selama 10 tahun lebih diharapkan cukup untuk membuat SNSD terus berjalan sebagai satu grup meski sudah berbeda agensi hingga tahun-tahun mendatang.

- Baca Juga: LIRIK LAGU: Girls Generation - All Night

Mampukah SNSD mengikuti jejak Shinhwa? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini