Image

Dua Tahun Bertarung di Pengadilan, Rebel Wilson Akhirnya Menangkan Tuntutan Rp47 Miliar Atas Bauer Media

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 19:05 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 09 13 33 1775151 dua tahun bertarung di pengadilan rebel wilson akhirnya menangkan tuntutan rp47 miliar atas bauer media Z3MF0MfsuJ.jpg Rebel Wilson. (Foto: Herald Sun)

BRISBANE - Aktris komedi asal Australia, Rebel Wilson, kini bisa bernapas lega. Pasalnya, pada Juni 2017, Pengadilan Tinggi Australia memutuskan untuk memenangkan tuntutan Wilson atas kasus pencemaran nama baik sebesar USD3,6 juta atau setara Rp47,52 miliar yang melibatkan majalah Woman’s Day.

Dana itu, menurut Pengadilan Tinggi Australia, terbagi atas USD522.000 untuk ganti rugi umum dan USD3,1 juta untuk ganti rugi khusus atas kehilangan ‘kesempatan bermain dalam judul film baru’. Angka ganti rugi itu, menurut kuasa hukum Wilson, sebagai tuntutan penghinaan terbesar dalam sejarah hukum di Australia.

Baca juga: Rebel Wilson Tolak Tawaran untuk Tampil Bugil

Pertarungan antara Wilson dan Bauer Media sebagai penerbit Woman’s Day di pengadilan bermula pada tahun 2015. Akar permasalahan bermula ketika Shari Nementzik, mantan jurnalis Woman’s Day mengklaim aktris berpostur bongsor itu sebagai ‘pembohong berantai’ yang ‘memalsukan hampir seluruh aspek hidupnya’.

Nementzik menyebut, Wilson berbohong tentang nama, usia, dan masa kecilnya agar bisa menembus pasar Hollywood. Dalam persidangan, sang jurnalis menyebut, membayar seorang sumber anonim sebesar USD2.000 (Rp26,4 juta) untuk mendapatkan informasi tersebut.

Baca juga: Jadwal Perilisan Pitch Perfect 3 Dimajukan

Dia menambahkan, sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk mendapatkan berita, tim editorial majalah bekerja berdasarkan ‘buku cek jurnalisme’. Kala itu, Nementzik meminta bayaran sebesar USD8.000 (Rp105,6 juta).

Akibat artikel tersebut, Wilson dipecat dari dua film animasi garapan DreamWorks dan kehilangan sejumlah tawaran film yang cukup menarik. Kepada ABC, Wilson menegaskan, artikel itu menghancurkan kariernya.

Baca juga: Mengenang Paul Walker, Aktor yang Memulai Karier dari Bintang Iklan

Menurut John Dixon, hakim yang menyidang kasus itu, Bauer Media tak mampu menghadirkan bukti sahih atas klaim mereka di dalam artikel. Dixon akhirnya, menjatuhkan hukuman tertinggi untuk memberikan keadilan terhadap sang artis.

"Jika (kasus ini) tidak menyebabkan kerugian substansial terhadap korban (Rebel Wilson), tentu masyarakat tidak akan yakin bahwa telah terjadi kasus pencemaran nama baik. Namun, akan menjadi salah jika artikel itu kemudian dianggap sepele dan tak serius,” kata Dixon.

Baca juga: Kate Winslet Ungkap Perasaannya Beradegan Cinta dengan Idris Elba

Di lain pihak, Adrian Gross, Penasihat Umum Bauer Media, mengatakan, bahwa Woman’s Day memiliki sejarah panjang dalam menyajikan artikel hebat untuk pembacanya. Mafhum, majalah itu berdiri sejak 1953 dan tumbuh menjadi salah satu media dengan reputasi mumpuni di Australia. “Kami memiliki tim editorial terbaik di negara ini,” klain Gross.

Hari ini (13/9/2017), melalui Twitter, Wilson mengungkapkan perasaannya tentang putusan pengadilan tersebut. “Hari ini adalah akhir dari pertarungan keras dan panjang melawan Bauer Media di Pengadilan, yang secara kejam menjatuhkanku dengan serangkaian artikel bohong,” tulisnya.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini