Malaysia Minta Maaf soal Bendera Indonesia Terbalik, Yeyen Lidya : Asal Enggak Dua Kali Ya!

Revi C. Rantung, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 33 1760423 malaysia-minta-maaf-soal-bendera-indonesia-terbalik-yeyen-lidya-asal-enggak-dua-kali-ya-N7eIM87EVy.jpg Yeyen Lidya (Foto: Revi/Okezone)

JAKARTA – Insiden bendera Indonesia yang terbalik dalam buku SEA Games 2017 menjadi buah bibir baru-baru ini. Bendera Indonesia yang terbalik membuat warga negara Indonesia menjadi marah termasuk artis Yeyen Lidya.

(Baca Juga: Logo Bendera Indonesia Terbalik, Fakta Masyarakat Cintai Simbol Negara)

(Baca Juga: Bendera Indonesia Dicetak Terbalik di Buku SEA Games 2017, Ini Respons Kemlu)

Aktris sekaligus model ini menyayangkan kejadian tersebut dan berharap agar hal ini tak terulang lagi. Aktris 39 tahun ini tahu betul bahwa pihak Indonesia telah memaafkannya. Ia hanya menyarankan agar seharusnya diteliti terlebih dahulu supaya tidak terjadi kesalahan sefatal ini. Aneh baginya di ajang sebesar SEA Games terjadi insiden tersebut. Yeyen pun menuturkan supaya tidak terlalu memperkeruh keadaan karena seperti yang ia ketahui warga negara Indoensia merupakan orang yang baik hati.

(Baca Juga: Bendera Indonesia Dicetak Terbalik di Buku SEA Games 2017, Ini Respons Kemlu)

(Baca Juga: Bendera Indonesia Terbalik, Berikut Kronologi Peristiwa Menurut Penuturan Menpora)

“Yang saya tahu mereka sudah minta maaf ya mereka sudah mengakui kesalahannya, walaupun buat saya sebenarnya agak aneh gitu, untuk sebuah acara yang begitu besar. Biasanya kan pasti ada kroscek kan. Kita masyarakat Indonesia yang baik hati, tidak sombong, ramah tamah, akan lebih baik jika kita memaafkan. Jadi jangan menambah rusuh. Toh mereka sudah minta maaf dan memaafkan itu jauh lebih baik. Jadi yaudah kita maafin aja. Asal nggak dua kali ya,” tutur Yeyen Lidya saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

“Jadi enggak usah balas balas yang gimana. Lagipula banyak juga berita yang aku baca kalau ternyata enggak cuma bendera Indonesia aja yang bermasalah. Enggak perlu kita cela,” tambahnya.

Tak hanya Yeyen yang menyayangkan kejadian tersebut seorang presenter tenar yakni Daniel Mananta pun ikut memberika tanggapan terkait insiden bendera terbalik itu. Daniel menambahkan bahwa tidak aka nada permusuhan antara Indonesia dan Malaysia meski sudah menjadi hal umum persaingan Indonesia dengan Negeri Jiran.

"To be honest gue belum research banyak jadi enggak bisa komen banyak. Katanya pihak Malaysia sudah minta maaf ya? Dari dulu sampai sekarang enggak tahu kenapa ya Indonesia sama Malaysia pasti ada sesuatu. Tapi menurut gue yang namanya tetangga ya udah lah ya," tambahnya Daniel Mananta.

Sementara tanggapan berbeda juga datang dari penyanyi Steven Jam yang tadinya mengaku geram dengan kejadian tersebut. Namun mantan vokalis Steven and Coconut Treez ini langsung berpikir positif, ia pun berarap kejadian tersebut dilakukan secara tidak sengaja dan ia menghimbau agar tidak terulang lagi.

“Jangan suudzonlah, positif aja mudah-mudahaan mereka enggak sengaja. Cuma enggak sengaja jangan diulang. Soalnya ini kan olahraga, suportivitas ajalah," tutup Steven Jam.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini