Warner Bros dan Tolkien Berdamai soal Kasus Lord of the Rings

Lidya Hidayati, Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 23:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 04 206 1728511 warner-bros-dan-tolkien-berdamai-soal-kasus-lord-of-the-rings-dXFiLVEddu.jpg The Lord of the Rings (Foto: Ist)

LONDON – Kesepakatan damai akhirnya tercapai antara Warner Bros Studio dan pihak JRR Tolkien terkait kasus hukum menyangkut Lord of the Rings. Setelah lima tahun lebih bersengketa, kedua belah pihak sepakat berdamai dan siap bekerja sama lagi.

“Semua pihak senang karena mereka telah menyelesaikan masalah ini dan menunggu untuk bekerja sama lagi di masa depan,” ujar Warner Bros dan perwakilan Tolkien seperti dilansir News, Selasa (4/7/2017).

Bagi yang tidak tahu, Warner Bros dan Tolkien serta penerbit bukunya, HarperCollins berselisih atas lisensi terkait Lord of the Rings. Tolkien dan HarperCollins menuduh Warner Bros mengeksploitasi karakter di novel populer Tolkien tersebut. Warner menyerang balik dengan menyebut Tolkien menyalahi kontrak mereka.

Pada 2012, Tolkien dan HarperCollins memasukkan tuntutan dengan tuduhan Warner menggunakan karakter dan nama besar di Lord of the Rings untuk meraup keuntungan dari berbagai sumber, termasuk mesin slot dan games. Dalam tuntutannya, Tolkien dan HarperCollins menyebut Warner Bros tak punya lisensi untuk melakukan itu.

Sebagai serangan balasan, Warner Bros menuduh pihak Tolkien melanggar kontrak mereka. Gara-gara mengurus biaya lisensi selama bertahun-tahun, Warner Bros harus mengeluarkan uang hingga jutaan Dolar.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini