Aktor Lawas Edi Gombloh, Berjuang dari Kepikunan

Markus Yuwono, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2015 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 08 33 1178255 aktor-lawas-edi-gombloh-berjuang-dari-kepikunan-ccMKwvHvTt.jpg Edi Gombloh jalani hidup hari tua di Yogyakarta (Foto: Markus Yuwono)
YOGYAKARTA - Masih ingat dengan aktor Edi Gombloh? Sekira tahun 1970-1980-an dia sering beradu akting bersama mendiang Benjamin Sueb, dan sering memerankan tokoh orang lugu.
 
Ia sekarang tinggal di wilayah Pakem, Sleman, Yogyakarta. Ia meninggalkan dunia hiburan yang membesarkan namanya dan memilih untuk membuka warung di kota kelahirannya ini.
 
Saat ditemui di rumahnya, Edi yang kini berusia 74 tahun tampak sehat. Namun, mata kirinya terbungkus penutup usai menjalani operasi katarak yang belum lama dijalaninya.
 
Saat ini ia tinggal dirumahnya bersama istrinya, Martina Lubalu dan anak terakhirnya Ayu Adina Anggraeni. Berbagai aktivitas pun dilakukannya untuk menghindari kepikunan seiring bertambahnya usia.
 
"Ya, setiap hari begini saja tetap beraktifitas agar tidak pikun," kata Edi di kediamannya.
 
Di rumahnya tergantung beberapa poster film yang pernah dilakoninya, seperti Inem Pelayan Sexy, Koboi Ngungsi, dan Ketemu Jodoh.
 
Sehari-harinya, Edi menghabiskan waktunya dengan membaca koran, sesekali dia ikut mengurus warung yang berada di rumahnya dan mengurus kebun salak miliknya dibantu sang istri.
 
"Istri saya mengurus kebun salak di samping rumah, lumayan lah untuk beraktifitas," ucapnya.
 
Edi menjelaskan kebiasaan hidup sederhana sudah dilakoninya sejak masa jayanya dahulu. Edi mencontohkan, memilih menggunakan angkot dibanding taksi. Uangnya memilih untuk ditabung.
 
Selain itu, selama ini dirinya tidak merokok. "Menurut kalian bagaimana? Saya tidak bisa bilang saya ini berkecukupan, tapi ya sederhana saja seperti ini," ucapnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini