Para Musisi Dangdut Senang Dapat Royalti dari Tempat Karaoke

Egie Gusman, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2014 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 26 386 931925 LnGv95mtdQ.jpg Rhoma dan musisi dangdut (Foto: Egie/Okezone)

JAKARTA - Beberapa musisi dangdut termasuk penyanyi senior Mara Karma dan Raja Dangdut Rhoma Irama merasa senang. Pasalnya, setelah sekian lama akhirnya mendapatkan royalti dari AHCDI (Asosiasi Hak Cipta Dangdut Indonesia) atas lagu-lagu mereka yang ada di tempat karaoke.

Bagi mereka, royalti ini yang pertama setelah memutuskan keluar dari KCI (Karya Cipta Indonesia) dan RMI (Royalti Musik Indonesia) yang dianggap tidak transparan.

"Iya ini merupakan yang pertama kali semenjak kita ramai-ramai keluar dari KCI dan RMI, lalu kami sepakat bentuk AHCDI lalu memberi kuasa kepada RAI untuk meng-colect. Mereka (KCI dan RMI) enggak transparan," ujar Mara saat ditemui di kawasan Jati Waringin, Jakarta Timu.

Bagi Rhoma dan musisi dan lainnya di AHCDI jauh lebih dihargai. Royalti itu diberikan berdasarkan banyaknya lagu yang diputar

"Jelas banget. Nanti pembagiannya dihitung berapa banyak menciptakan lagu dan bagaimana lagu itu diputar. Jadi beda-beda setiap pencipta lagu," jelas Mara.

Bahkan, untuk ke depannya setiap tempat karaoke yang ada di seluruh Indonesia akan memberikan royalti kepada musisi yang lagunya dipakai.

"Kita sudah dapat informasi, semua karaoke kayak Inul Vizta dan lain-lain di seluruh Indonesia sudah siap memberikan hak kami. Ini saja baru yang di Jakarta loh," pungkasnya.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini