nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

21 Cineplex Tolak Sebut Jumlah Penonton Harry Potter

Mega Laraswati, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2011 13:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 08 11 206 490823 yIgfrscv57.jpg Poster film Harry Potter (Foto: ist)

JAKARTA - Pihak 21 Cineplex menolak menyebutkan jumlah penonton film-film yang diputar di bioskop seperti Harry Potter dan Transformers. Menurut mereka, yang berhak mengumumkan jumlah penonton dan pendapatan adalah produser film.

"Praktek yang lazim dalam standar dan aturan internasional tentang pemasukan dan jumlah penonton di-declare oleh produser film atau distributor yang bersangkutan. Itu hak pemilik film. Bukan bioskop," ujar Direktur 21 Cineplex TR Anitio, di Ballroom Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2011) malam.

Anitio menambahkan, hasil pendapatan atau jumlah penonton satu film tertentu merupakan hak pribadi produser masing-masing film sehingga pihaknya tidak bisa membukanya ke publik. "Hasil perjudul film itu hak privacy dari produser film," katanya.

Selaku pengelola bioskop, 21 Cineplex hanya bisa mengeluarkan data keseluruhan penonton per hari atau dalam kurun waktu tertentu secara keseluruhan. Bukan jumlah penonton per film.

"Kita bisa mengeluarkan data jumlah penonton. Tapi tidak spesifik satu judul film, melainkan keseluruhan. Kita enggak pernah tutupin. Kalau per judul film kita enggak bisa, kecuali itu berdasarkan perintah undang-undang," kelitnya.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini