Share

5 Film Aminah Cendrakasih, Akting dengan Benyamin Sueb hingga Rhoma Irama

Lintang Tribuana, Okezone · Kamis 22 Desember 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 22 206 2732163 5-film-aminah-cendrakasih-akting-dengan-benyamin-sueb-hingga-rhoma-irama-LL2qbhFJJw.jpg Aminah Cendrakasih. (Foto: Si Doel Anak Sekolahan)

 KABAR Meninggalnya Aminah Cendrakasih menorehkan duka untuk dunia perfilman Indonesia. Ia wafat di usia 84 tahun pada 21 Desember 2022.

Namanya cukup tersohor dengan meniti karier sejak 1955. Ia terjun ke dunia hiburan mengikuti jejak sang ibunda yang merupakan artis peran ternama, Wolly Sutinah alias Mak Wok.

Namanya makin dikenal setelah membintangi sinetron legendaris di tahun 1990-an, Si Doel Anak Sekolahan yang tayang di RCTI. Ia berperan sebagai Lela, ibu Doel (Rano Karno) yang akrab disapa Mak Nyak.

Sepanjang kariernya, Aminah juga banyak membintangi film layar lebar. Berikut Okezone ulas 5 film terbaik almarhumah, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Asrama Dara

Film drama musikal ini disutradarai oleh Usmar Ismail dan dirilis pada 1958. Aminah Cendrakasih dalam film ini berakting dengan artis ternama lainnya seperti Baby Huwae, Bambang Hermanto, Bambang Irawan, Chitra Dewi, Fifi Young, Nun Zaririna, dan Rendra Karno.

Asrama Dara menceritakan tentang penghuni asrama yang dipimpin Bu Siti (Fifi Young) dengan permasalahan masing-masing. Dalam cerita, Tari (Aminah Cendrakasih) adalah mahasiswi yang jatuh cinta pada laki-laki yang usianya jauh, lebih pantas menjadi ayahnya.

2. Pengorbanan

Aminah Cendrakasih turut membintangi film Pengorbanan yang disutradarai Susilo SWD, dirilis pada 1974. Film ini dibintangi juga oleh Lenny Marlina, Fadly, Anna Mathovani, dan Chitra Dewi.

Film Pengorbanan menceritakan tentang Andy, seorang pelaut yang berpacaran dengan Lisa. Namun kisah cinta mereka banyak menemui rintangan, salah satunya ketika jiwa Lisa terguncang usai sang adik meninggal.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

3. Oma Irama Penasaran

Aminah Cendrakasih muncul di film Rhoma Irama berjudul Oma Irama Penasaran yang dirilis pada 1976. Di sini, dia menjadi ibunda Ani yang diperankan Yati Octavia.

Secara garis besar, film Oma Irama Penasaran menceritakan kisah cinta Ani dan Oma yang tidak mulus. Orangtua Ani mencegah anaknya berhubungan dengan Oma hingga akhirnya dia minggat ke Jakarta.

4. Benyamin Raja Lenong

Sebelum bertemu di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Aminah Cendrakasih dan Benyamin Sueb sudah pernah terlibat satu proyek film. Salah satunya adalah Benyamin Raja Lenong yang disutradarai Syamsul Fuad rilisan 1975.

Aminah berperan sebagai Mimin, janda yang hidup dengan adiknya. Ia bertetangga dengan Benyamin, tukang binatu dan pemain lenong.

5. Akhir Kisah Cinta si Doel

Ini merupakan sekuel dari film Si Doel The Movie 2, sekaligus persembahan terakhir Aminah Cendrakasih di industri film Tanah Air. Kendati tergolek lemah di tempat tidur dan tak bisa melihat akibat glaukoma, dia mampu mengikuti kegiatan syuting.

Di film ini, Doel (Rano Karno) yang dilanda kebimbangan untuk memilih Zaenab (Maudy Koesnaedi) atau Sarah (Cornelia Agatha), akhirnya terjawab. Sarah mengajukan gugatan cerai resmi dan Doel akhirnya tetap bersama Zaenab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini