Share

Kenang Sosok Tjahjo Kumolo, Detri Warmanto: Bapak Sederhana dan Selalu Menghargai Masyarakat Bawah

Selvianus, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 23:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 33 2622152 kenang-sosok-tjahjo-kumolo-detri-warmanto-bapak-sederhana-dan-selalu-menghargai-masyarakat-bawah-IF3VQjekF2.jpg Detri Warmanto (Foto: Instagram)

ARTIS Detri Warmanto dan keluarga besarnya tengah diselimuti duka mendalam. Tjahjo Kumolo yang merupakan mertua dari pesinetron 35 tahun itu diketahui meninggal dunia lantaran penyakit infeksi paru-paru yang dideritanya.

Kepergian politisi yang juga merupakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Kabinet Indonesia Maju ini tentunya menyisakan kesedihan mendalam bagi Detri. Terlebih, ia mengetahui betul bagaimana kedekatan sang ayah mertua dengan anak maupun cucu-cucunya yang kini hanya bisa menjadi kenangan bagi keluarga.

Tjahjo Kumolo sendiri juga dianggap Detri sebagai seseorang yang luar biasa. Selain selalu bersikap sederhana, ia juga merupakan sosok yang menghargai masyarakat bawah, hingga menjadikan hal itu sebagai pelajaran bagi kehidupannya.

"Bapak selalu mengajarkan sabar dan mengutamakan kesederhanaan. Dalam segala apapun jangan berlebihan kalau bisa sederhana kalau makan biasa aja gitu," kata Detri saat ditemui di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Kesederhanaan yang diajarkan mendiang Tjahjo Kumolo kepada Detri tentunya bukan tanpa alasan. Pasalnya mengawali karir dari nol hingga sukses seperti saat ini.

Detri Warmanto

Sebagai menantu, tentunya pelajaran yang didapatkannya dari sang mertua bisa dikatakan sangat berarti. Mengingat teladan-teladan yang ditanamkan, murni berdasarkan pengalaman sebelumnya yang merintis dari bawah.

"Bapak dulu memang berdiri tuh kalau saya lihat dari sejarah memang dari nol. Jadi bapak sangat menghargai orang bawah. Bagaimanapun jangan sampai menjadi orang yang sombong," ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan wafatnya mertuanya, Detri turut memanjatkan doa-doa terbaik mengiringi kepergian Tjahjo Kumolo.

"Buat saudara, teman-teman, kakak adik, bapak dan ibu semua yg hadir disini. Kami beserta keluarga ibu dan istri saya berharap doanya agar bapak Tjahjo Kumolo dan bapak Bambang Subandono," imbuhnya.

"Semoga diberikan tempat yang terbaik oleh Allah Subhanallah dan juga meninggal dalam keadaan Khusnul Khotimah," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini