Share

Bukti Baru Kasus Bullying Kim Garam Mencuat, HYBE Tak Bergeming

Feby Tiara Sopian, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 33 2595816 bukti-baru-kasus-bullying-kim-garam-mencuat-hybe-tak-bergeming-v2uK5e1hoI.jpg Kim Garam. (Foto: HYBE Labels)

SEOUL - HYBE buka suara terkait bukti baru kasus bullying yang diduga dilakukan Kim Garam LE SSERAFIM saat masih bersekolah di Kyeongin High School. Juru bicara agensi itu menegaskan, sejauh ini pihaknya tidak akan mengubah pernyataan mereka sebelumnya. 

“Kami sudah mulai mengambil langkah hukum. Detail terkait hal ini akan kami sampaikan saat proses hukum berjalan nantinya,” ujar perwakilan agensi tersebut dikutip dari Soompi, Rabu (18/5/2022). 

Kim Garam. (Foto: HYBE Labels)

Bulan lalu, HYBE Labels dengan tegas membantah tudingan dan klaim tentang Kim Garam melakukan tindak kekerasan di sekolah. Agensi itu mengatakan, justru artisnya yang menjadi korban kekerasan di sekolah saat itu. 

Agensi yang juga menaungi BTS itu juga memastikan akan mengambil langkah hukum terkait masalah tersebut. Pada 16 Mei silam, bukti baru berupa foto dari pertemuan resmi Komite Tindak Kekerasan Sekolah tersebar di berbagai komunitas online. 

Dokumen berjudul ‘Hasil Pertemuan Komite Kekerasan Sekolah’ yang dirilis pada 2018 itu mencatat nama Kim Garam dari Kelas 1-3 sebagai pelaku bullying di SMA Kyeongin. 

“Komite Sekolah akan mengambil tindakan atas kasus ini berdasarkan Pasal 16 dan 17 Undang-Undang Pencegahan dan Penanganan Tindak Kekerasan di Sekolah,” isi pembukaan dokumen tersebut. 

BACA JUGA: HYBE Bantah V BTS Pacari Putri Konglomerat

Pasal 16 pada regulasi itu merujuk pada aturan langkah perlindungan terhadap korban bullying, termasuk memberikan konseling psikologi, pindah kelas, dan atau proteksi lain yang dibutuhkan. 

Sementara Pasal 17 mengatur ‘hukuman’ terhadap pelaku bullying dengan memberikan hukuman permintaan maaf tertulis, larangan mendekati korban, masa layanan sekolah dan masyarakat, perawatan psikologis, skorsing, pergantian kelas, hingga kemungkinan pindah sekolah. 

Kim Garam. (Foto: HYBE Labels)

Bersama dokumen itu, seorang netizen mengunggah sebuah foto yang diduga Kim Garam bersama teman sekelasnya mengenakan kaus sekolah dengan nomor ‘3’. Dalam foto itu, warganet tersebut menuliskan, “Foto ini diambil dari retreat SMA Kyeongin.” 

Sementara itu, Money Today merilis pernyataan resmi SMA Kyeongin terkait bukti baru tersebut. Perwakilan pihak sekolah mengatakan, “Kami tidak bisa memberikan pernyataan apapun terkait hal tersebut.”*

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini