Share

Mengaku Tak Lulus SMA, Isyana Sarasvati Kok Bisa Kuliah?

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2022 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 33 2559853 mengaku-tak-lulus-sma-isyana-sarasvati-kok-bisa-kuliah-VvqL6I4MSX.jpg Isyana Sarasvati (Foto: Instagram)

PENYANYI Isyana Sarasvati dikenal sebagai salah seorang musisi yang memiliki cukup banyak penghargaan di bidang musik. Ia bahkan diketahui merupakan lulusan dari sekolah musik terkemuka di luar negeri.

Akan tetapi, sebuah fakta mengejutkan baru-baru ini diungkapkan oleh istri dari Rayhan Maditra ini. Dalam wawancaranya di sebuah tayangan, pelantun Tetap Dalam Jiwa ini mengaku tidak lulus SMA.

Anehnya, perempuan 28 tahun ini justru bisa menyelesaikan kuliah sebagai sarjana di bidang musik. Bahkan ia sempat melanjutkan studinya hingga ke London, Inggris dan meraih predikat cumlaude.

"Aku dari SMP langsung S1," ungkap Isyana dikutip dari salah satu tayangan di YouTube.

"Kok bisa?," tanya Desta heran.

Isyana Sarasvati

Usai menegaskan bahwa dirinya tak lulus SMA, Isyana membeberkan fakta bahwa dirinya sempat mendapat tawaran fast track saat masih duduk di kelas 2 SMA. Kala itu, dirinya mendapatkan tawaran beasiswa di Nanyang Academy of Fine Arts tanpa harus menyelesaikan studinya di SMA.

Hal itu membuat dirinya bisa langsung meraih sarjana tanpa harus mengikuti Ujian Nasional saat SMA. Ia bahkan berhasil lulus dari Nanyang Academy of Fine Arts dengan gelar Bachelor of Music (BMus).

"Aku tuh bisa dibilang lumayan beruntung, karena di zamanku ada fast track. Aku dapat beasiswa itu sampai S1 aku selesai," jelasnya.

Setelahnya, Isyana diketahui kembali melanjutkan pendidikannya di London, Inggris. Kala itu, dirinya mengambil jurusan musik di Royal College of Music dan lulus dengan predikat cumlaude.

(van)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini