Fakta Kasus Rachel Vennya soal Mobil RFS, Disanksi Denda Tilang Gara-Gara Ini

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 33 2491976 fakta-kasus-rachel-vennya-soal-mobil-rfs-disanksi-denda-tilang-gara-gara-ini-1BK2WAqo1T.jpg Rachel Vennya. (Foto: Instagram)

RACHEL Vennya telah menjalani pemeriksaan di Gedung Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, hari ini, Selasa (26/10/2021). Selebgram kontroversial ini klarifikasi mobil pelat RFS yang ditumpangi saat ke Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu.

Berdasarkan surat kendaraan, pelat bernomor B 139 RFS milik Rachel seharusnya dipasang di mobil Toyota Alphard Putih. Sementara yang sempat tertangkap kamera, mobil yang dibawanya adalah Toyota Alphard Hitam.

 rachel

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan bahwa mobil tersebut sebenarnya berwarna putih. Tetapi, Rachel sengaja mengubah warna dengan melapisi stiker hitam.

Baca Juga: Warna Mobil Tak Sesuai STNK, Rachel Vennya Kena Tilang Rp500 ribu

"Kesimpulan saudari RV telah mengakui merubah warna kendaraan toyota alphard B 139 RFS di mana tidak sesuai dengan STNK, yaitu putih metalik," ujar Argo saat ditemui wartawan di kantornya.

Atas hal tersebut, Rachel dinilai bersalah. Pihak kepolisian mengenakan sanksi tilang dengan denda senilai Rp500 ribu kepada mantan istri Niko Al Hakim itu.

"Dan selanjutnya atas kesalahan tersebut saudari Rachel dikenakan sanksi tilang pasal 288 ayat 1 uu no.22 tahun 2009 tentang LLAJ," ujar Argo.

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan tidak yang tidak dilengkapi dengan surat tanda nomor kendaraan bermotor atau surat tanda coba kendaraan bermotor yang ditetapkan oleh kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (5) huruf A dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000," tambahnya.

Sementara terkait pelat nomor RFS yang sempat ramai diperbincangkan publik, polisi memastikan tak ada masalah. Pasalnya, pelat itu dibuat secara legal.

"Proses pembuatan pelat itu di Polda Metro Jaya secara prosedural dan legalitas mobil tersebut sah terdaftar di Samsat Polda," terang Argo.

Tak lama usai pemberitaan mobilnya viral, Rachel langsung mengubah Toyota Alphard miliknya dengan warna semula. Mobil itu kemudian disita oleh Ditlantas Polda Metro Jaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini