Hadir Sinetron Squid Game dengan Kearifan Lokal, Warganet Geram

Andaru Danurdana, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 598 2490854 hadir-sinetron-squid-game-dengan-kearifan-lokal-warganet-geram-DWeRznhjkp.jpg Serial Squid Game (Foto: Netflix)

JAKARTA – Belum lama ini, sebuah sinetron dari stasiun televisi swasta Indonesia terlihat mengusung konsep mirip Squid Game di salah satu episodenya. Karena elemen yang sama persis dan terkesan menjiplak, warganet pun merasa geram dan mengecam sinetron tersebut.

Setelah satu bulan lebih tayang di layanan streaming Netflix, Squid Game masih menjadi bahan pembicaraan yang hangat dan tak ada habisnya di dunia maya. Sebagai salah satu serial terbaik Netflix di tahun ini, pengaruh Squid Game rupanya tak hanya menyentuh para penonton awam, tetapi juga penulis naskah dan produser sinetron Indonesia.

Baca Juga:

3 Simbol Squid Game Ada di Uang Rupiah, Artinya Sama?

Membayangkan Squid Game ala Indonesia, Ada Manusia Silver!

Squid Game


Baru-baru ini, akun Twitter bernama MovieMenfess mengunggah foto-foto kiriman pengguna anonim yang menampilkan salah satu episode dari sinetron berjudul Dari Jendela SMP yang tampak sangat mirip dengan serial Squid Game. Tak hanya menampilkan para tokohnya dengan balutan jaket seragam dan bermain permainan anak, tapi episode ini juga tampak mengambil elemen visual Squid Game langsung dari serial aslinya.

“Squid Game (2021) dengan kearifan lokal mvs,” tulis caption MovieMenfess dikutip Minggu (24/10/2021).

Melihat kemiripan yang tampak menyinggung ini, warganet pun tak segan-segan untuk menyampaikan aspirasi mereka. Tak sedikit warganet yang merasa lebih mengkhawatirkan tuntutan hak cipta yang bisa melayang kepada stasiun televisi ini karena, seperti diketahui, industri hiburan Korea Selatan dikenal sangat keras dan militan dalam menjaga properti mereka.

“Serius nanya emang mereka sudah izin ya? Copyright-nya itu hmm,” tanya @hanaxne_

“Ini kalo knetz tau, kita kita bakal gimana ya,” tulis @jaexxxyun.

“Potret sinetron Indonesia, plot ngawur karena malem bikin script, pagi shooting sore tayang, makin jauh episode makin ngawur plotnya karena script-nya aja kaya tahu bulat alias bisa-bisanya ini tiba-tiba ada beginian hey wkwkwkwkw,” kritik @aldydrrr pedas.

Tak hanya para warganet, akun Twitter resmi milik Netflix Indonesia pun turut merespons kemunculan segmen Dolanan Games dalam sinetron ini. Tanpa banyak bicara, akun Netflix Indonesia hanya mengunggah sebuah gambar GIF yang menampilkan Lee Jung-Jae, berperan sebagai Gi-Hun di Squid Game, yang sedang tersenyum penuh keterpaksaan.

“Minnn... klo ketauan korea gmn ya...” balas @shanti_tksxl khawatir.

Hingga kini, stasiun televisi yang bersangkutan belum mengeluarkan pernyataan soal tayangan mereka yang dicap plagiat ini. Episode-episode yang tampak menjiplak terang-terangan konsep Squid Game ini pertama kali tayang pada dua hari yang lalu, 22 Oktober 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini