Remix Suara Adzan, Mnet Dituding Hina Agama Islam

Dewi Aspara, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 33 2468575 remix-suara-adzan-mnet-dituding-hina-agama-islam-pgYY0pY5it.jpg Mnet dituding lecehkan agama Islam. (Foto: Mnet)

SEOUL - Mnet kembali menuai kecaman dan amarah warganet di media sosial. Hal ini, setelah stasiun TV kabel asal Korea Selatan tersebut dituding menggunakan suara adzan pada lagu pembuka program Street Woman Fighter

Hal itu bermula dari unggahan video seorang warganet asal Malaysia yang mengecam aksi tersebut. Dalam videonya, akun @izzatielya memperlihatkan bagian suara adzan yang diremix pada lagu tersebut. 

Mnet dituding hina agama Islam. (Foto: TikTok/@izzatielya)

“Mereka remix suara adzan sebagai musik background untuk lagu komersial di bawah Mnet. Hal ini sangat biadab, karena mereka mengulik sensitivitas sebuah agama,” ujar warganet tersebut dalam video TikTok miliknya. 

Dia menegaskan, adzan bukanlah sesuatu yang bisa digunakan sebagai musik atau hiburan. “Ini adalah penghinaan terhadap agama Islam! Jadi, mari kita gaungkan tagar #Mnetapologize untuk mendesak pihak Mnet membuat permintaan maaf terbuka kepada seluruh umat Islam.”

Pada akhir video, akun @izzatielya mengungkapkan, adzan adalah panggilan bagi umat Muslim dalam menjalankan salat. “Adzan bukan musik! Menjaga kesucian Islam adalah tanggung jawab semua umat Islam,” tuturnya lagi. 

Baca juga: BTS Kembali Dominasi Billboard Hot 100 Lewat Butter

Video tersebut diunggah kembali ke Twitter dan membuat tagar ‘Mnetapologize’ trending pada Kamis (9/9/2021) pagi. “Menjijikkan ketika orang menggunakan agama untuk hiburan,” ujar seorang warganet. 

Lainnya mengatakan, “Adzan adalah panggilan salat untuk umat Islam. Lakukan riset sebelum kalian menggunakannya. Islam bukan sesuatu yang bisa kalian jadikan lelucon. Ia bukan bagian dari dunia hiburan.”

Mnet dituding hina agama Islam. (Foto: Twitter)

Street Woman Fighter adalah acara survival Mnet yang dirilis pada Agustus 2021. Program yang dipandu Kang Daniel itu menampilkan persaingan kru tari wanita yang mewakili Korea Selatan. 

Menampilkan BoA, Hwang Sang Hoon, dan Taeyong ‘NCT’ sebagai juri, program tersebut menampilkan kompetisi antara delapan kru tari: WANT, YGX, PROWDMON, WAYB, LACHICA, HolyBang, HOOK, dan CocaNButter.*

Baca juga: Netizen Korea Tolak Rencana Seo Ye Ji Comeback Berakting

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini